Sulit Move on dari Tom Hanks

Sabtu, 22 Juni 2019 - 08:37 WIB
Sulit Move on dari Tom Hanks
Sulit Move on dari Tom Hanks
A A A
THOMAS Jeffrey Hanks atau dikenal dengan nama Tom Hanks seperti tak pernah “mati”. Akting maupun film-filmnya selalu berkesan dan sarat makna. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang membuat para penonton susah move on.

Sebut saja film Forrest Gump, Saving Private Ryan, Philadelphia, Cast Away, dan Sully. Akting Tom selalu menggetarkan hati dan maksimal. Seperti tak ada satu pun perannya dalam film yang mengecewakan penonton. Termasuk ketika dia memutuskan mengisi suara karakter Woody dalam film animasi terkenal besutan Disney-Pixar, Toy Story.

Sudah lebih dari 20 tahun Tom mengisi suara karakter Sherif Woody, tepatnya sejak 1995. Usianya yang akan mencapai angka 63 tahun pada 9 Juli mendatang juga tidak membuat Tom “terpinggirkan”. Dia tetap memiliki karisma yang sulit dilupakan penonton setianya. Dikutip dari E! News, baru-baru ini Tom memastikan diri untuk kembali mengisi suara dalam film Toy Story 4.Film ini telah dirilis pada Rabu (19/6) lalu di Mesir.

“Duet maut” Tom dengan aktor komedi Tim Allen yang mengisi suara Buzz Lightyear juga semakin ditunggu. Sepertinya dua aktor tersebut sudah belajar banyak dari karakter mereka selama bertahun-tahun. Tom mengatakan, adegan terakhir dalam Toy Story 4dilakukan pada stan yang sama ketika ia merekam Toy Story untuk pertama kali.

Dikutip oleh El Paso Inc bahwa suami aktris Rita Wilson ini melakukan adegan terakhirnya dalam Toy Story 4 dengan sangat mendalam. Adegan terakhir itu dibuat lebih emosional sejak Toy Storydirilis pertama kali. Toy Story 4 diproyeksikan bakal menghasilkan pundi-pundi uang yang sangat besar saat pembukaannya selama tiga hari di Amerika Serikat (AS), yaitu pada akhir pekan ini, sebesar USD200 juta (Rp2,9 triliun).

Film ini juga akan menampilkan suara-suara dubberpendatang terbaru namun terkenal seperti Keanu Reeves, Michael Keaton, Annie Potts, dan Joan Cusack. Dikutip dari ET Online, Tom seakan terus menebarkan “sihir” film Toy Storyhingga ke manamana, termasuk ke rumah sakit.

Bersama rekannya, Tim Allen, Tom sempat mengunjungi rumah sakit Advent Health Children’s Hospital di Orlando, AS, beberapa waktu lalu. Dua aktor ini memang diketahui telah menjalin tali pertemanan selama beberapa dekade. Kunjungan ke rumah sakit tersebut merupakan bagian dari inisiatif tim Disney, yang ingin memberikan hadiah kepada lebih dari 445 rumah sakit anak di seluruh AS.

Termasuk ikut mempromosikan film Toy Story 4 yang baru saja dirilis. Sementara itu, bagi Tom, adegan yang membuatnya cukup tersentuh ada dalam Toy Story 3.Menurut dia, adegan tersebut sarat pesan kebersamaan dan penuh kasih sayang. Mainan terbukti bisa menyayangi manusia, yang mungkin tidak masuk akal bagi sebagian besar orang.

Bukan hanya euforia Toy Story yang terasa, juga tonggak bersejarah 25 tahun sejak rilis awal film legendaris Forrest Gump yang dibintanginya. Tom sempat merefleksikan bagaimana rasanya merekam tonggak sejarah budaya pop yang ambisius dan sangat dicintai. “Kami bertanya-tanya, apa yang kami lakukan dan kami bertanya-tanya, apakah semua itu masuk akal?” katanya, sambil tertawa.

Seperti diketahui, Forrest Gump adalah film paling ambisius pada masanya. Lewat film tersebut, Tom berhasil meraih Piala Oscar kedua. Bukan hanya itu, secara keseluruhan film ini juga sukses membawa pulang lima Piala Oscar lain, termasuk untuk kategori Film Terbaik.

“Film apa pun yang Anda buat membutuhkan dua hal. Pertama adalah lompatan besar keyakinan pada aliansi yang telah Anda ciptakan bersama orang-orang yang terlibat dalam film tersebut. Juga percaya pada prosesnya dan jika Anda menyukainya, Anda tidak akan melepaskan potensi yang bisa dibuat,” beber Tom kepada ET Online.

Aktor Paling Terkenal dan Termahal
Menurut majalah Forbes, Tom masih menjadi salah satu aktor berpenghasilan teratas dalam bisnis perfilman Hollywood. Predikat itu bertahan selama lebih dari tiga dekade sejak Tom bermain dalam debut filmnya, Splash.

Dikutip dari Celebrity Net Worth, Tom menjadi salah satu aktor paling terkenal, paling dihormati, dan termahal di Hollywood. Adapun perolehan total pendapatan kotor sang aktor dari film-film box office-nya diperkirakan sekitar USD9,7 miliar (Rp138 triliun). Tom juga didaulat sebagai aktor penghasil film box officenomor satu yang paling konsisten di dunia, sekaligus menjadi aktor terkenal sepanjang masa.

Antara tahun 1988 dan 2010 saja, Tom sudah menghasilkan uang sekitar USD300 juta (Rp4,3 triliun) dari film-film yang dimainkannya. Lalu, dia meraup setidaknya USD100 juta (Rp1,4 triliun) pada dekade berikutnya.

Secara total, Tom diperkirakan sudah mengumpulkan pundi-pundi sebanyak USD400 juta (Rp5,7 triliun) selama berkarier di film. Pendapatan tersebut di luar profesinya sebagai sutradara dan produser. Tom lahir dan besar di Kota San Francisco, AS. Ayah empat anak ini belajar drama di Community College dan California State University di Sacramento.

Kemudian Tom bergabung di Great Lakes Theatre Festival. Pada 1980 dia pindah ke New York dan mendapatkan peran sebagai pemeran pembantu utama dalam serial komedi Bosom Buddiesyang berjalan selama dua musim. Sejak itu, ia kerap mendapatkan banyak peran kecil. Nama Tom mulai melesat pada 1988 ketika bermain dalam film Big.

Sejak itu dia seperti membuat lompatan karier dengan bermain dalam film-film besar yang berbeda genre. Tercatat, Tom pernah berakting dalam film-film seperti Sleepless in Seattle, Apollo 13, Toy Story, You’ve Got Mail, Saving Private Ryan, Cast Away, The Da Vinci Code, dan Angels and Demons.

Pada 1996 Tom pernah menulis skenario dan menyutradarai film That Thing You Do!.Film ini sekaligus menandai langkahnya bekerja di belakang layar dengan menjadi produser dan sutradara. Setelah That Thing You Do!,Tom kembali memproduksi film berjudul Cast Away dan The Polar Express.

Pada 2017 majalah Forbes menempatkan Tom di posisi nomor 12 dalam daftar aktor dengan bayaran tertinggi di dunia. Dia juga sangat menjiwai perannya dalam Sully, Inferno,dan The Circle. Menurut Cheat Sheet, film-film Tom telah meraup uang lebih dari USD4,6 miliar di Amerika Serikat dan box officeKanada, serta lebih dari USD9,2 miliar di seluruh dunia.

Dia menjadi aktor terlaris keempat di kawasan Amerika Utara. Pada 1993 dan 1994 Tom tercatat menjadi aktor kedua dalam sejarah yang memenangi Academy Awards untuk kategori Aktor Terbaik secara berturut-turut. Dia memenangi Golden Globe Awarddan Academy Award untuk perannya dalam Philadelphia (1993). Lalu Piala Golden Globe, Academy Award, Screen Actors Guild Award, dan People’s Choice Awardsebagai Aktor Terbaik lewat film Forrest Gump(1994). Tom juga menerima penghargaan Presidential Medal of Freedom, Kennedy Center Honor, dan Stanley Kubrick Britannia Award for Excellence.

Dalam kehidupan pribadinya, Tom dikenal sebagai sosok suami sekaligus ayah yang dekat dengan keluarga. Pernikahannya dengan Rita Wilson sudah berjalan hampir 31 tahun tanpa banyak rumor maupun gosip miring.

Menurut Express, Tom memiliki empat anak. Dua anak, yakni Colin Hanks dan Elizabeth Hanks, berasal dari mendiang istrinya, Samantha Lewes. Sementara dua anak lain dari istrinya yang sekarang, yaitu Chester Marlon Hanks dan Truman Theodore Hanks. (Susi Susanti)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3263 seconds (0.1#10.140)