alexametrics

Trisakti Tourism Award Dukung Pemerintah Daerah Majukan Pariwisata

loading...
Trisakti Tourism Award Dukung Pemerintah Daerah Majukan Pariwisata
Trisakti Tourism Award bertujuan mendorong pemerintah daerah memajukan sektor pariwisata di daerahnya. / Foto: IST
A+ A-
JAKARTA - Trisakti Tourism Award untuk kali pertamanya akan digelar. Ditujukan untuk pemerintah daerah di Indonesia, penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang berprestasi dalam membangun, mengelola, dan mengembangkan sektor pariwisata melalui semangat Trisakti Bung Karno.

Diprakarsai Wiryanti Sukamdani sebagai Chairperson atau Founder dan didukung Majalah Destinasi Indonesia, acara ini bertujuan mendorong pemerintah daerah memajukan sektor pariwisata di daerahnya. Sasarannya adalah menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan daerah serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Jumlah peserta yang sudah masuk hingga batas akhir pendaftaran mencapai 60 pemerintah kabupaten dan kota. Penjurian berlangsung pada 21 Juni 2019. Dewan juri akan menilai dan bersidang dengan proses pemilihan menggunakan parameter yang telah disepakati bersama pada diskusi juri untuk menetapkan 15 pemenang dari 5 kategori, yaitu wisata bahari, ekowisata, wisata petualang, wisata warisan budaya dan sejarah, serta wisata kuliner dan belanja.



Kriteria penilaian yang disepakati berdasarkan kompilasi, tabulasi dan verifikasi melalui pengisian formulir pendaftaran serta video profil destinasi wisata yang di dalamnya terdapat visi dan misi pemda, implementasi pembangunan pariwisata, keunggulan pariwisata daerah serta atraksi, aksesibilitas serta amenitas.

Dewan juri Trisakti Tourism Award akan dipimpin Chairman Indonesia Halal Life Style, Sapta Nirwandar (pakar pariwisata). Sedangkan anggotanya terdiri dari Vice President Sales Marketing and Distribution AccorHotels, Adi Satria (pakar perhotelan); Chairman Sustainable Management Group, David Makes (pakar ekowisata); Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia/APJI, Ning Sudjito (pakar kuliner); CEO Panorama, Budi Tirtawisata (pakar perjalanan wisata); Founder & CEO MarkPlus, Hermawan Kertajaya (pakar pemasaran); dan Ketua Ikatan Pencinta Batik Nusantara, Ayu Dyah Pasha (pakar etika).

Penganugerahan Trisakti Tourism Award rencananya akan diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri pada 27 Juni 2019 di Jakarta Convention Center. Trisakti Tourism Award akan dimeriahkan dengan acara Destinasi Indonesia Expo & Conference.

Sementara itu, Trisakti adalah sebuah konsep yang digagas proklamator Indonesia, Soekarno. Konsep Trisakti ini dikemukakan Bung Karno pada 1963. Isi dari konsep Trisakti adalah pertama berdaulat di bidang politik, kedua berdikari di bidang ekonomi dan ketiga berkepribadian dalam budaya. Trisakti merupakan semangat yang dikembangkan untuk memajukan pariwisata Indonesia melalui pemberian penghargaan bagi pemerintah daerah yang mengejawantahkan Trisakti dalam pengembangan pariwisatanya.

Trisakti dalam pariwisata mengusung kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari aspek politik melalui pariwisata akan membangun karakter bangsa yang akan mempererat kerukunan anak bangsa dengan saling berkunjung melalui pariwisata dan akan meningkatkan persahabatan antar anak bangsa juga antar bangsa-bangsa di dunia.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak