alexametrics

Demi Majukan Budaya, FSKN Bangun Sinergi dengan Pemerintah

loading...
Demi Majukan Budaya, FSKN Bangun Sinergi dengan Pemerintah
Sinergi FSKN dengan pemerintah diharap juga bisa berdampak pada peningkatan bidang pariwisata dan wisata religi. / Foto: KoranSINDO/Thomas Manggalla
A+ A-
JAKARTA - Ratusan sultan dan raja se-Nusantara yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) bertekad membangun sinergi dengan pemerintah dalam pelaksanaan memajukan kebudayaan yang berbasis keraton. Diharapkan sinergi ini juga dapat berdampak pada peningkatan bidang pariwisata dan wisata religi.

Hal tersebut tertuang dalam gelaran halal bihalal FSKN yang mengangkat keberagaman kebudayaan Indonesia dengan tema "Merajut Persatuan Bangsa dalam Kebhinekaaan Tunggal Ika" dan seminar bertajuk "Pemajuan Kebudayaan Berbasis Keraton" yang dihelat di Lagoon Garden, Hotel Sultan, Jakarta, 24-25 Juni 2019.

Saat acara halal bihalal, Ketua Umum dan Dewan Pengurus FSKN periode 2017-2022, Raja Kasepuhan Cirebon Sultan Sepuh Arief Natadiningrat mendampingi sejumlah tamu undangan khusus yang hadir, yakni Menpora Imam Nahrawi; Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar; dan mantan Kapolda Lampung, Irjen Ike Edwin; serta sejumlah tokoh nasional yang duduk berbaur dengan para raja dan sultan.



Dalam acara ini, Ketua Pelaksana Acara sekaligus Dewan Pakar Budaya FSKN, Anna Mariana memberikan persembahan kepada FSKN. "Saya memberikan hadiah berupa lagu mars, yang saya ciptakan khusus bersama musisi Tengku Rio. Selama berdiri, FSKN belum pernah mempunyai lagu Mars," kata dia.

Menurut Anna, dirinya selalu ingin memberikan yang terbaik kepada FSKN. "Saya berharap, kehadiran saya sebagai Dewan Pakar Budaya di FSKN, bisa benar-benar memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam segala hal yang bertujuan untuk pemajuan budaya dan pariwisata di seluruh Keraton Nusantara," ucap tokoh tenun nusantara tersebut.

Ratusan raja dan sultan yang tergabung dalam FSKN berkumpul membahas kemajuan budaya, termasuk juga program pemerintah terkait budaya. Hal tersebut nantinya dipandang akan memberikan dampak pada sektor pariwisata.

"Di forum ini, sultan dan raja-raja bersinergi dengan pemerintah dalam hal kemajuan budaya, budaya-budaya keraton yang akan berdampak pada pariwisata, termasuk budaya daerah masing-masing, karena raja dan sultan ini kan ada di Nusantara, jadi kita membantu dan mendukung program pemerintah," terang Anna Mariana saat dijumpai SINDO di tengah-tengah acara FSKN.

Anna mengatakan, seumlah pihak dari beberapa kementerian juga diundang dalam kegiatan ini. Selain itu, juga diundang perwakilan duta besar negara sahabat untuk membahas kemajuan budaya.

Sementara itu, kondisi perpolitikan Indonesia yang saat ini sedang menunggu hasil sidang sengketa pemilihan presiden di MK juga jadi perhatian FSKN. Mereka berharap siapa pun yang menang dalam pemilu merupakan sosok terbaik untuk memimpin. "Kita mendo'akan untuk bangsa dan negara ini yang terbaik dan pemimpin-pemimpin bangsa terbaik, baik sekarang dan yang akan datang, berikut dengan tokoh-tokohnya," pungkas Anna.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak