alexametrics

Perankan Sosok Koh Jul, Verdi Solaiman Petik Banyak Pelajaran

loading...
Perankan Sosok Koh Jul, Verdi Solaiman Petik Banyak Pelajaran
Verdi Solaiman (paling kanan) merasa tertantang memerankan sosok Julianto Eka Putra dalam film Say I Love You. / Foto: KoranSINDO/Thomas Manggalla
A+ A-
JAKARTA - Aktor kawakan Zulverdi Amos Solaiman atau yang biasa disapa Verdi Solaiman mengaku tertantang memerankan sosok Julianto Eka Putra dalam film Say I Love You. Julianto, yang juga dikenal dengan Koh Jul, merupakan pendiri sekolah tersebut di Batu, Malang, yang merekrut ratusan siswa dari kalangan tidak mampu di seluruh Indonesia agar bisa sekolah gratis di SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI).

Perjuangan jatuh bangun Koh Jul selama 10 tahun membangun dan mengelola SMA SPI diperlihatkan dan dikemas secara menarik dalam film Say I Love You. Didapuk memerankan sosok inspiratif seperti Koh Jul, Verdi pun merasa sangat bangga.

"Saya juga beruntung bisa menyaksikan sendiri berbagai keajaiban yang terjadi di SMA SPI dengan siswa-siswinya. Banyak nilai juga pelajaran hidup yang malah saya dapat selama proses syuting," kata Verdi saat ditemui SINDO pada gala premier Say I Love You di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (25/6) malam.



Bukan hanya bangga bisa memerankan Koh Jul, putra aktor senior Hengky Solaiman itu juga merasa terbebani mendapat kepercayaan tersebut. Apalagi, kata Verdi, tokoh koh Yul adalah kisah nyata bukan tokoh fiktif. "Dia memiliki jiwa yang mulia, baik dan banyak kelebihan dalam hidupnya untuk sesama dan Tuhan," lanjutnya.

Beban aktor kelahiran Jakarta, 14 Maret 1975 ini pun terasa semakin berat, ketika banyak orang berharap pemeran tokoh Koh Jul adalah orang yang tak jauh berbeda pula dengan karakter aslinya. "Apalagi murid-murid Sekolah Selamat Pagi Indonesia itu tokohnya beneran semua, dan pastinya mereka sudah punya pandangan tersendiri soal Koh Yul, pasti mengharapkan pemeran Koh Jul adalah seseorang kayak malaikat dan lain sebagainya nih," tutur Verdi.

Kendati demikian, suami Patty Sandya ini begitu menikmati peran yang diberikan padanya itu. Verdi juga mengaku mendapat banyak pelajaran dari pengalaman hidup tokoh Koh Yul. "Jujur itu yang membebani gue, tapi so far gue menikmati dan mendapatkan banyak pelajaran dari tokoh Koh Yul. Banyak hal baru dalam melihat kehidupan yang gue dapat dari dia," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, produser film Say I Love You, Sahrul Gibran mengatakan bahwa semua adegan yang ditampilkan dalam film garapan sutradara Faozan Rizal itu adalah kisah nyata. Pihaknya memang sengaja tak melakukan pengembangan, agar para penonton mengetahui kisah yang sesungguhnya yang hampir mirip dengan aslinya. "Kisah film Say I Love You yang ditampilkan dari awal hingga akhir itu semua berdasarkan kisah nyata, tidak ada yang dibuat-buat," tegas Sahrul.

Lantaran hal itu pula, lokasi syuting Say I Love sempat mengalami perubahan demi menjaga keautentikannya. "Karena hal itu juga saya sampaikan, bahwa kita enggak mau dan enggak jadi syuting di Surabaya, tapi di Malang, dan hal itu kita lakukan karena memang ingin menampilkan filmnya dengan tempat aslinya. Biar semua orang tahu," terangnya.

Untuk menyajikan semua kisah nyata yang menarik, Sahrul dan kawan-kawannya mengaku bahwa mereka harus melalui proses riset yang panjang. "Jadi selama empat tahun kita melakukan riset untuk cerita film Say I Love You, kita gali dan dalami betul ya bagaimana setiap tokoh, nama dan kisahnya kita tampilkan," jelas Sahrul.

Selain Verdi Solaiman, film yang dibesut sutradara film Habibie Ainun, Faozan Rizal ini juga akan dibintangi Dinda Hauw, Rachel Amanda, Teuku Rifnu Wikana, Butet Kartaredjasa, dan Olga Lydia. Film ini dijadwalkan tayang di bioskop-bioskop Tanah Air mulai 4 Juli 2019.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak