alexametrics

Tips Merawat Rambut Bertekstur Afro dan Keriting Saat Musim Panas

loading...
Tips Merawat Rambut Bertekstur Afro dan Keriting Saat Musim Panas
Suhu panas di saat musim panas bisa menjadi masalah bagi orang-orang yang memiliki rambut bertekstur afro dan keriting karena rentan mengalami dehidrasi. (Bustle)
A+ A-
JAKARTA - Bagi orang-orang dengan rambut bertekstur afro dan rambut keriting, suhu panas saat musim panas bisa menjadi masalah. Secara umum, rambut alami cenderung memiliki tekstur keriting lebih berisiko dari jenis rambut lainnya karena dehidrasi pada helai rambut yang membuatnya lebih rentan terhadap keriting. Penata rambut afro, Charlotte Mensah mengatakan ini bisa menjadi masalah yang lebih besar selama musim panas.

"Rambut menjadi lebih dehidrasi karena berbagai alasan selama musim panas - Anda tidak cukup sering terkondisikan dalam, tidak tidur dengan syal sutra, tidak makan makanan yang seimbang, atau minum cukup air," kata Mensah seperti dilansir dari Independent.

Lesley Buckle, seorang model dan influencer kecantikan, setuju bahwa peningkatan paparan sinar matahari pada rambut dapat memecah keratin sehingga membuat rambut menjadi lemah dan lebih rentan terhadap keriting. Berikut tips merawat rambut bertekstur afro dan keriting saat musim panas.

1. Cuci mingguan

Salah satu keuntungan terbesar dari memiliki rambut afro adalah tidak perlu mencuci sesering jenis rambut lainnya. Menurut Mensah, salah satu cara terbaik untuk menjaga rambut Anda dalam kondisi prima selama bulan-bulan hangat adalah keramas seminimum mungkin.



“Cucilah rambut setiap minggu dengan shampo yang memiliki emolien ekstra,” saran Mensah. Dia menambahkan bahwa shampo yang diformulasikan untuk rambut kering atau rusak merupakan pilihan yang terbaik.

2. Perangi keriting

Cuaca hangat dan kelembaban bisa menyebabkan rambut kering dan keriting. Namun dengan perawatan yang tepat, perwakilan dari brand kecantikan Inggris, Afrocenchix menyebutkan rambut afro akan bersinar di bawah sinar matahari. Panas yang ekstrem adalah salah satu penyebab keriting dan kerusakan terbesar sehingga Mensah menyarankan untuk menghindari menyentuh rambut sebanyak mungkin.

Nia Pettitt, model dan pengaruh kecantikan menjelaskan bahwa ini bukan tentang menghilangkan rambut kusut dan lebih banyak tentang mengendalikannya. "Saya tidak terlalu tertarik menggunakan produk anti-keriting karena keriting memberikan rambut saya bentuk besar yang saya sukai. Tapi ketika aku melihat beberapa helai menjadi sedikit lebih keriting dari yang lain, aku melicinkannya dengan semacam serum," papar Pettitt.

3. Hidrasi

Kelembapan kepala adalah sahabat rambut yang bertekstur afro. Jadi salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk rambut ikal di musim panas ini adalah berinvestasi dalam beberapa produk pelembab serius. Untuk rutinitas perawatan rambut terhidrasi terbaik, perwakilan dari Afrocenchix merekomendasikan untuk mengadopsi metode cairan, minyak, krim (LOC) dengan cara membasahi rambut dengan air atau produk berbasis air, menjaga kelembaban dengan minyak dan kemudian menerapkan produk krim untuk menutup kutikula rambut untuk mencegah hilangnya kelembaban.

Pettitt menambahkan bahwa salah satu cara favoritnya untuk mencegah kekeringan adalah dengan menggunakan dua atau tiga tetes minyak ke rambutnya setiap pagi.

4. Gaya musim panas

Meskipun ada banyak produk di pasaran yang menawarkan untuk memperbaiki rambut dari kerusakan UV yang berbahaya dan kelembaban yang ekstrem, solusi yang paling efektif adalah melindunginya sejak awal. Buckle merekomendasikan untuk menata rambut dengan gaya kepang dan faux locs karena membutuhkan perawatan minimal. "Ingatlah untuk menambahkan pelindung matahari pada area rambut dan kulit kepala yang terbuka," saran Buckle.

Buckle juga menyarankan penataan rambut dengan produk yang mengandung perlindungan UV karena ini akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut dari matahari.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak