Berbagai Motif Batik Elemwe Peroleh Sambutan Luar Biasa di Oslo

Minggu, 30 Juni 2019 - 16:30 WIB
Berbagai Motif Batik Elemwe Peroleh Sambutan Luar Biasa di Oslo
Berbagai Motif Batik Elemwe Peroleh Sambutan Luar Biasa di Oslo
A A A
JAKARTA - Dalam upayanya mempromosikan Indonesia agar lebih mendunia, melalui seni budaya dan kerajinan khas Nusantara, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Oslo, Norwegia menggelar Festival Indonesia pada 29-30 Juni 2019.

Dalam program kegiatan tersebut, delegasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan diperkenalkan pula batik Betawi, dan salah satu yang mewakili adalah Elemwe.

"Elemwe sebagai salah satu yang terpilih untuk mengikuti Festival Oslo kali ini membawa kerajinan dan batik khas Betawi di bawah binaan Dinas Perindustrian dan Energi Pemprov DKI Jakarta," ujar pemilik sekaligus desainer Elemwe, Lily Mariasari dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (30/6).

Dalam kesempatan yang sangat baik itu, Elemwe menampilkan 15 outfit dengan motif khas salak condet, burung sri, gigi balang, gunting dan pohon bambu. Desain busana pesta, muslim, dan casual dihadirkan di depan pengunjung festival dan masyarakat Eropa khususnya.

Tidak hanya melakukan fashion tunggal, Elemwe juga melangsungkan workshop batik yang didampingi langsung Lily. Hal ini pun memperoleh sambutan yang sangat luar biasa dari masyarakat Oslo, Norwegia.

Lily merasa sangat tersanjung menjadi duta DKI, dan memberikan apresiasi kepada Departemen Perindustrian dan Energi yang sudah membawa pengrajin binaan untuk memperkenalkan hasil karyanya.

Dengan semua yang telah dilakukannya, Lily berharap impian agar Indonesia bisa lebih dikenal luas masyarakat dunia bisa terwujud. "Ini agar para pengrajin juga punya semangat dan motivasi melihat produknya diterima oleh pasar Internasional," sambungnya.

Di samping itu, Lily juga berharap dapat terus mempromosikan budaya, seni dan wisata DKI Jakarta melalui desain yang diampilkan serta mendapatkan potensial buyer sehingga bisa meningkatkan ekspor batik Betawi ke seluruh negara.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9690 seconds (0.1#10.140)