Sukses Gelar Konser Eclectic, Ini Mimpi Besar Chikita Amanda

Selasa, 02 Juli 2019 - 02:30 WIB
Sukses Gelar Konser Eclectic, Ini Mimpi Besar Chikita Amanda
Sukses Gelar Konser Eclectic, Ini Mimpi Besar Chikita Amanda
A A A
JAKARTA - Komposer musik jazz muda dan bertalenta, Chikita Amanda kembali menunjukkan kemahirannya dalam sebuah gelaran konser bertajuk Eclectic yang digelar di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, belum lama ini. Konser ini merupakan lanjutan dari kesuksesan konser tunggal bertajuk The Many Sides of Me.

Dalam konsernya yang berlangsung selama 1,5 jam ini, Chikita pun memainkan karya-karya perdananya dengan berbagai format seperti duet clarinet, strings sextet, five horns, bigband, percussion quartet dan lainnya dengan Suite of Childhood, A Devotion, Spanish at Heart, A Tune For Love, The Many Sides of Me, Indonesia Jiwaku hingga Czardas dengan apik.

Seperti ingin mengulang kembali kesuksesan konser sebelumnya dia pun menghadirkan sebuah kemasan yang terbilang beda jika dibandingkan yang sebelumnya. Pasalnya, dia untuk kali pertama menampilkan karya dengan format trio dut, serta piano dan orkestra dengan solois Andre Lizt. Selain itu, konser ini juga berkolaborasi dengan musisi ternama seperti Revi Pongoh (perkusi), Rachman Noor (cellist), Rio Manuel (soundkestra), dan lainnya.

"Kenapa saya pilih tema Eclectic, aku mau menekankan ke penonton bahwa musik itu di mana saja, musik dimainin dan kita hanya perlu mendengarkan itu dan apabila konser perdana lebih ungkapkan perasaanku, ini lebih kepada pengalaman umum," ungkap Chikita saat ditemui SINDO seusai penampilannya.

Menggelar konser yang terbilang besar, tentu saja butuh persiapan yang maksimal. Chikita mengaku bahwa dia membutuhkan total waktu 4 bulan mempersiapkan konsep konser tersebut. "Persiapan untuk show ini 1,5 bulan, dan persiapan compose lagunya 2 bulan, jadi total persiapan 4 bulan untuk konser ini, karena kita main ansamble besar, bagaimana kita bisa menyanyi bersama enggak boleh main sendiri dan mereka berhasil main bersama-sama dengan baik," terangnya.

Bagi Chikita, salah satu kunci suksesnya memimpin orkestra adalah membangun mood yang menurutnya dapat membantu pemain untuk tampil lebih maksimal. Sedangkan untuk inspirasi, Chikita mengaku terpengaruh dengan dua musisi komposer papan atas Tanah Air, Andi Rianto dan Erwin Gutawa.

Dua nama itu merupakan sosok yang begitu menginspirasinya untuk menjajal peruntungan di industri musik Tanah Air. Dia memilki keinginan dan cita-cita menjadi arranger dan konduktor hebat seperti idolanya tersebut, yang akhirnya mendorongnya untuk menempuh studi musik di Universitas Pelita Harapan.

"Semoga konser ini bisa menjadi batu loncatan untuk memasuki industri musik sesungguhnya, kan sekarang cewek juga jarang kan menjadi konduktor. Semoga beberapa konser yang telah dilakukan jadi peluang besar memasuki industri sesungguhnya dan cewek juga kan bisa doakan juga supaya menjadi sebuah bentuk emansipasi wanita," tutupnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2791 seconds (0.1#10.140)