alexametrics

Hedi Slimane Tak Hanya Desainer, Tapi Fotografer Hitam Putih

loading...
Hedi Slimane Tak Hanya Desainer, Tapi Fotografer Hitam Putih
Hedi Slimane Tak Hanya Desainer, Tapi Fotografer Hitam Putih. (Istimewa).
A+ A-
SELAIN dikenal sebagai desainer, Hedi Slimane juga dikenal sebagai fotografer. Karya fotografi hitam putih menjadi ciri khasnya.

Pada usia 11 tahun Slimane menemukan fotografi. Kala itu dia menerima kamera pertamanya dan mempelajari pencetakan kamar gelap hitam dan putih. “Potret fotografi selalu mendahului fashion yang saya buat. Saya tidak peka terhadap kecantikan, tetapi pada energi dan kepribadian,” ujar Slimane, seperti dilansir dari Harpersbazaar.com.

Segera setelah meninggalkan Yves Saint Laurent, Slimane pindah ke Berlin, Jerman. Atas undangan kurator Klaus Biesenbach, Slimane belajar di Institut Seni Kontemporer Kunst-Werke antara tahun 2000 dan 2002.

“Saya selalu memotret, mendokumentasikan, dan berpakaian layaknya anak muda. Ini telah menjadi jantung dari semua yang telah saya lakukan sejauh ini, dalam fotografi dan fashion ,” ujar Slimane.



Pada Mei 2006 Slimane menciptakan blog fotografi bernama Hedi Slimane Diary. Slimane menciptakan Rock Diary-nya, dimulai pada 2004 bekerja sama dengan jurnalis Inggris dari NME, Alex Needham.

Selain itu, ia membuat karya fotografi untuk majalah termasuk French Vogue, VMAN, dan Purple. Ketika Slimane pergi ke Amerika dan bermarkas di Los Angeles pada 2007, California menjadi subjek dari banyak fotonya dan kemudian menjadi subjek beberapa pameran. Pada tahun 2011 dia memamerkan koleksi fotografinya berjudul “Myths and Legends of Los Angeles”.

Dia tampil bersama kelompok seniman California lainnya, termasuk John Baldessari, Ed Ruscha, Chris Burden, Sterling Ruby, Mark Hagen, dan Patrick Hill di Almine Rech Gallery di Paris dan Brussels. Karya fotografinya juga ditunjukkan pada 2011 di MOCA. Di kesempatan ini Slimane menghadirkan instalasi fotografi yang memamerkan arsip gambar dari periode Californianya.

Pameran ini berjudul California Song yang disertai dengan soundtrack oleh grup musik No Age. “Saya tetap yakin akan pengaruh yang akan tumbuh di California dalam budaya, musik, dan seni yang populer, dan untuk alasan yang jelas, bahkan lebih dengan munculnya media sosial. Mengapa tidak mendesain dari sini dan mendefinisikan estetika di sekitar California?” ujar Slimane.

Slimane pernah menerbitkan beberapa buku foto, termasuk Intermission (2002), Berlin (2003), Stage (2004), dan London Birth of a Cult (2005). Buku fotografi London Birth of a Cult terinspirasi dari musisi rock Pete Doherty. Ada pula buku empat volume Anthology of a Decade (2011) . “Buku Anthology of a Decade mendokumentasikan periode 10 tahun yang saya habiskan di Berlin, Moskow, Paris, Kota New York, Los Angeles, dan London,” ujar Slimane. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak