alexametrics

Mau Coba Sensasi Rasa Mi Goreng Basah? Ini Cara Membuatnya

loading...
Mau Coba Sensasi Rasa Mi Goreng Basah? Ini Cara Membuatnya
Mi Goreng Basah bisa menjadi pilihan santap malam hari ini. Rasa pedas manis yang dihasilkan bisa membuat makan terasa nikmat. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Malas makan nasi untuk makan malam? Buat saja Mi Goreng Basah. Apalagi bagi mereka yang belum pernah merasakan sensasinya, menu ini bisa menjadi pilihan.

Makanan ini menawarkan rasa pedas dan manis yang menggoyang lidah. Agar semakin nikmat, sajikan mi bersama pelengkap lain, seperti ayam, kerupuk dan acar. Tertarik membuatnya? Berikut resepnya seperti dikutip akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan-bahan:
Bahan 1:

400 g mi kuning basah
4 sdm kecap manis



Bahan 2:
¼ ekor (150 g) ayam kampung, bagian paha
25 g ebi, cuci bersih dan memarkan
1 sdt garam
½ sdt Ladaku Merica Bubuk
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
750 ml air

Bahan 3:
1 buah cabe merah
5 siung bawang putih
3 buah bawang merah
2 butir kemiri
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
½ bagian ebi, yang diambil dari rebusan bahan 2

Bahan 4:
4 sdm minyak goreng, untuk menumis
2 butir telur
2 sdm kecap asin
½ sdt garam
350 ml kaldu rebusan ayam, yang diambil dari rebusan bahan 2
100 g kol, dirajang
100 g sawi hijau, dipotong 3 cm

Bahan 5:
1 sdm bawang goreng
Acar timun secukupnya
Kerupuk secukupnya

Cara membuat:
Campur rata bahan 1, lalu sisihkan. Rebus semua bahan 2 dengan api kecil hingga ayam empuk dan kaldunya tersisa 500 ml saja. Ambil air kaldunya sebanyak 350 ml, sisihkan. Kemudian tiriskan ½ bagian ebi, sisihkan. Tiriskan ayam, lalu goreng hingga matang, angkat dan iris tipis ayam, sisihkan. Haluskan semua bahan 3 beserta ebi (yang diambil dari rebusan bahan 2). Tumis bumbu yang dihaluskan, hingga harum dan matang. (Baca juga: MNC Travel Ajak Jalan-Jalan Seru ke Jember Fashion Carnaval).

Masukkan telur, kemudian orak-arik hingga harum. Masukkan ¼ air kaldu dan kecap asin, aduk rata. Masukkan kol, aduk rata. Masukkan sawi hijau, aduk rata. Tambahkan garam, aduk hingga rata. Masukkan mie hingga semua bahan tercampur bumbu. Masukkan sisa air kaldu, masak hingga mendidih. Tambahkan irisan ayam (sisakan sedikit untuk taburan), aduk rata kemudian masak kembali hingga air sedikit menyusut. Letakkan di atas piring, taburi dengan sisa irisan ayam dan bawang goreng. Hidangkan dengan kerupuk udang dan acar timun.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak