Yuk, Kenali Gejala dan Pemicu Sindrom Kelelahan Kronis!

Rabu, 10 Juli 2019 - 18:30 WIB
Yuk, Kenali Gejala dan Pemicu Sindrom Kelelahan Kronis!
Yuk, Kenali Gejala dan Pemicu Sindrom Kelelahan Kronis!
A A A
JAKARTA - Chronic fatigue syndrome (CFS) merupakan penyakit jangka panjang yang memengaruhi banyak sistem tubuh manusia. Penyakit ini ditandai dengan kelelahan yang berkepanjangan dan intens dengan berbagai gejala. Juga dikenal sebagai myalgic encephalomyelitis (ME), ME atau CFS atau penyakit intoleransi aktivitas sistemik (SEID), penyakit ini biasanya tidak memiliki penyebab medis mendasar yang jelas. Meskipun mungkin memburuk dengan segala jenis tenaga mental atau fisik, gejala tidak selalu mereda dengan istirahat.

Selain itu, penelitian telah menemukan wanita dan anak-anak lebih rentan didiagnosis dengan sindrom kelelahan kronis, meski umumnya memengaruhi seseorang di antara usia 20an dan 40an. Gejala CFS yang paling umum dikenal adalah kelelahan ekstrem yang tidak dapat dijelaskan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Namun, kondisi tersebut memiliki setidaknya 8 tanda dan gejala resmi yang meliputi seperti kelelahan, sakit tenggorokan atau kelenjar sakit tanpa pembengkakan, gangguan pemikiran kognitif, memori atau konsentrasi, otot ekstrem atau nyeri sendi, sakit kepala atau migrain, masalah tidur, gejala mirip flu, pusing, sakit atau mual, dan jantung berdebar.

Dilansir dari Times Now News, ada juga beberapa gejala yang jarang terlihat, seperti mudah marah, perubahan suasana hati, kecemasan atau serangan panik; tantangan visual seperti sakit mata atau kabur; keringat malam atau kedinginan, suhu tubuh rendah; alergi dan kepekaan terhadap bau, makanan, obat-obatan dan atau suara; sindrom iritasi usus; sensasi mati rasa atau terbakar di wajah, tangan atau kaki. Namun, semua gejala ini dapat bervariasi tergantung pada orang tersebut dan mungkin ringan atau ekstrem, seperti Departemen Rumah Sakit Ayurveda-Saifee, Mumbai. Sayangnya, kebanyakan dari gejala tidak jelas, yang mungkin menyulitkan orang terdekat Anda untuk mengidentifikasi penyakitnya.

Orang yang menderita CFS tampak hipersensitif terhadap aktivitas olahraga ringan atau aktivitas fisik apa pun. Hingga saat ini, para ilmuwan belum berhasil menemukan akar penyebab penyakit, tetapi penelitian telah menemukan kemungkinan pemicu karena kombinasi faktor yang mempengaruhi orang yang lahir dengan kecenderungan sindrom kelelahan kronis. Pemicu tersebut meliputi masalah kekebalan. Mereka yang mengalami sindrom kelelahan kronis cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, tetapi kejelasan apakah ini merupakan penyebab pasti dari gangguan ini masih diperlukan.

Ketidakseimbangan hormon. Fluktuasi kadar darah yang diproduksi di hipotalamus, kelenjar hipofisis atau kelenjar adrenal telah ditemukan menyebabkan sindrom kelelahan kronis. Infeksi virus. Demam kelenjar, virus Epstein-Barr, virus herpes manusia 6 dan virus leukemia tikus telah diduga menyebabkan CFS. Karena kebanyakan orang mengembangkan kelainan setelah infeksi virus. Sementara, ada beberapa faktor yang mungkin berkontribusi signifikan terhadap peningkatan risiko sindrom kelelahan kronis. Diantaranya adalah jenis kelamin, umur dan stres.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, wanita lebih rentan didiagnosis dengan CFS daripada pria, dan juga lebih mungkin mengunjungi dokter untuk diagnosis. Meskipun kelainan ini dapat memengaruhi seseorang pada usia berapa pun, risiko yang sama lebih tinggi antara usia 20-40 tahun. Ketidakmampuan untuk mengatasi situasi stres juga dapat meningkatkan risiko mengembangkan penyakit kronis ini. Sindrom kelelahan kronis juga dapat menyebabkan sejumlah komplikasi bagi individu yang terkena termasuk isolasi, depresi, peningkatan ketidakhadiran di tempat kerja, dan berbagai pembatasan gaya hidup antara lain.

Karena tidak ada gejala yang jelas dari gangguan ini, untuk diagnosa menyeluruh, dokter harus melalui pemeriksaan fisik dan berbagai tes darah dan urin, serta analisis riwayat medis Anda. Tidak ada tes laboratorium khusus untuk mendeteksi ME/CFS. Ada pengobatan yang tersedia untuk meringankan gejala CFS, namun, itu tergantung pada bagaimana gangguan tersebut mempengaruhi Anda karena keparahan gejala bervariasi pada setiap orang. Selain itu, ada sejumlah cara atau terapi lain untuk memerangi gangguan ini. Ini termasuk pengobatan rumahan dan perubahan gaya hidup.

Seperti halnya tidur nyenyak, mengurangi asupan kafein Anda, pengobatan dalam bentuk terapi anti-depresi dosis rendah, obat-obatan alternatif seperti yoga, tai chi, akupunktur, dan pijat, bergabung dengan kelompok pendukung untuk mengatasi masalah kecemasan dan isolasi. Selain itu, berbicara dengan teman dan keluarga tentang perasaan, stres, dan masalah dapat membantu. Yang paling penting, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati gangguan ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1015 seconds (0.1#10.140)