alexametrics

Generasi Milenial Masih Minati Musik Rock

loading...
Generasi Milenial Masih Minati Musik Rock
Tak bisa dipungkiri, generasi milenial generasi turut membawa perubahan pada berbagai hal, mulai cara belajar, bekerja hingga selera musik. Mereka pun masih menyukai rock. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Generasi milenial adalah mereka yang lahir pada 1980-awal 2000-an atau yang biasa disebut generasi Y. Tak dipungkiri, generasi ini turut membawa perubahan pada berbagai hal, mulai cara mereka belajar, bekerja hingga selera musik.

Berikut aliran musik favorit generasi milenial versi survei Litbang KORAN SINDO. Yang menarik, musik rock menjadi pilihan teratas, setelah pop. Dari 400 responden yang berdomisili di 9 kota (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogya, Palembang, Medan, Makassar, Manado) sebanyak 55% menyukai pop, 12% rock, 9% klasik, 7% jazz, 6% R&B, sisa dari berbagai genre.

POP
Aliran musik dengan melodi yang mudah dicerna ini ternyata juga disukai oleh generasi milenial. Meskipun kehadirannya sudah ada sebelum hadirnya generasi milenial, namun ritme yang santai dari musik pop juga memikat hati para generasi milenial. Lirik lagu bertemakan cinta banyak digemari berbagai generasi termasuk milenial.



ROCK
Alunan nada yang dirasa cukup ramai dengan teknik bernyanyi cukup keras kerap dianggap bising oleh sebagian masyarakat. Namun generasi milenial ternyata menyukai aliran musik ini. Bagi para pencintanya, musik rock dirasa mewakili emosi mereka yang sedang bersemangat. Musik rock bisa digabungkan dengan aliran musik lain sehingga menghasilkan aliran musik baru seperti pop rock atau blues rock.
Generasi Milenial Masih Minati Musik Rock

KLASIK
Musik ini digadang-gadang sebagai aliran musik berpengaruh pada kecerdasan. Oleh karena itu, aliran musik ini sering kali dikenalkan oleh para orang tua pada anak sedini mungkin bahkan sejak masih dalam kandungan. Generasi milenial menyukai musik ini karena bisa membuat tubuh rileks, meredakan emosi dan meningkatkan daya ingat.

JAZZ
Aliran musik ini juga banyak digemari oleh generasi milenial. Penikmat musik jazz ini dikenal menyukai tantangan. Begitu pula dengan generasi milenial yang memiliki karakter penyuka tantangan. Telinga mereka dilatih untuk jeli dengan setiap nada yang dihasilkan dari alunan musik jazz.

R&B
Rhytm and Blues atau yang biasa dikenal dengan sebutan R & B merupakan salah satu aliran musik yang banyak digandrungi millenials. Lirik dan beat dalam aliran ini difokuskan dan dinyanyikan dengan ritme oleh penyanyinya. R&B juga bisa di gabungkan dengan aliran musik lain seperti hip hop. (Baca juga: Ribuan Warga Medan Antusias Ikut Audisi Indonesian Idol).

FUTURE SOUL
Aliran musik ini kerap dianggap sama dengan aliran neo soul. Meski terdengar mirip, future soul berbeda dengan neo soul. Future soul mengusung musik hip-hop, dubstep, atau chiptune sehingga terdengar modern. Musik gabungan dari genre soul dan R&B kontemporer ini mulai terkenal pada 2016.

HARDCORE
Salah satu genre musik asal Amerika Utara dan Inggris ini memiliki ciri khasnya sendiri. Suara gitar dalam musik ini lebih tebal, berat dan cepat. Lagu yang mengusung aliran ini biasanya sangat pendek, cepat dan keras. Biasanya lagunya bercerita soal politik, percintaan, kebebasan berpendapat, kekerasan hingga isu-isu sosial.

PUNK
Musik funk memiliki ritme yang sering terpotong dengan ritme gitar yang tajam, dan perkusi yang dominan. Irama yang dihasilkan dipengaruhi oleh musik khas Afrika dimana terdapat kesan gembira saat mendengarkannya. Generasi milenial juga menyukai aliran musik ini.

FOLK

Lagu dengan aliran musik ini biasanya diiringi alat musik petik akustik. Disebut juga sebagai musik “rakyat”, Folk merupakan aliran musik yang lagunya membahas mengenai kondisi terkini. Begitu booming-nya aliran musik Folk melahirkan Folk Music Festival yang merupakan festival tahunan untuk para penggemar aliran ini. Alunan musik yang minimalis dengan lirik menyentuh ini banyak digemari millennial.

ELECTRONIC DANCE MUSIC (EDM)

Electronic Dance Music atau yang biasa disebut dengan EDM saat ini menjadi salah satu aliran musik kegemaran para millennial. Iramanya membuat pendengar ingin bergoyang, sesuai dengan nama alirannya. Genre ini cocok dengan para millenials yang memang lebih tertarik untuk mendengarkan musik bernuansa gembira.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak