Parade Omikoshi Warnai Pembukaan Impactnation Japan Festival 2024 di Istora Senayan

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:20 WIB
loading...
Parade Omikoshi Warnai...
Impactnation Japan Festival 2024 dibuka dengan penuh warna di Istora Senayan. Sorak sorai pengunjung memecah keheningan saat parade Omikosh mengawali acara. Foto/Muhammad Sukardi
A A A
JAKARTA - Impactnation Japan Festival 2024 dibuka dengan penuh warna dan semangat di Istora Senayan, Jakarta, pada hari ini, Sabtu (20/7/2024). Sorak sorai pengunjung memecah keheningan saat parade Omikoshi, sebuah tradisi budaya Jepang yang spektakuler, mengawali acara dengan gemilang.

Parade Omikoshi dimulai pukul 10.16 WIB. Parade diawali dengan iring-iringan berbusana terang. Kemudian dilanjutkan dengan rombongan yang memainkan alat musik, sampai akhirnya rombongan inti.

Rombongan inti tersebut menggotong arak-arakan kuil Shinto portabel yang di atasnya berdiri dua perempuan. Ini dikenal juga dengan sebutan katsugite, pakaian mereka bernama happi dan jikatabi.

Menariknya, tim yang menggotong semuanya perempuan. Ini yang menjadi keunikan dari budaya Jepang tersebut.



Parade Omikoshi Warnai Pembukaan Impactnation Japan Festival 2024 di Istora Senayan

Foto/Muhammad Sukardi

Kehadiran parade Omikoshi ini berhasil menyita perhatian. Banyak pengunjung yang merekam pertunjukan pembuka tersebut.

"Seru banget lihatnya," kata Brian di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7/2024).

Omikoshi sendiri dipercaya memiliki energi yang bisa membawa nasib baik di tempat yang dilewati, sekaligus mengusir roh jahat. Oleh karena itu, parade Omikoshi dipersembahkan sebagai pembuka acara festival ini.

Di sisi lain, kuil Shinto yang diarak adalah tempat berdiamnya dewa Shinto. Itu sebabnya Omikoshi di Jepang kerap 'keluar' saat ada daerah yang terkena bencana alam.



Di Impactnation 2024 yang digelar mulai 20-21 Juli 2024 ini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman luar biasa. Mulai dari bisa menonton AKB48 hingga mencicipi kuliner khas Jepang.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)