Sandiaga Bentuk Satgas Khusus untuk Turunkan Harga Tiket Pesawat Domestik

Sabtu, 20 Juli 2024 - 16:45 WIB
loading...
Sandiaga Bentuk Satgas...
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membentuk satgas khusus yang bertugas menurunkan harga tiket pesawat domestik. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membentuk satgas khusus yang bertugas menurunkan harga tiket pesawat domestik. Hal ini sebagai respons terhadap keluhan masyarakat terkait biaya perjalanan udara yang terus meningkat.

Sandiaga mengatakan bahwa satgas ini akan bekerja secara intensif untuk mengidentifikasi dan mengatasi faktor-faktor penyebab tingginya harga tiket pesawat . Langkah ini diharapkan dapat membuat perjalanan udara domestik lebih terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, mendukung pemulihan sektor pariwisata Indonesia. Menurut Sandiaga, mahalnya tiket pesawat domestik bisa memengaruhi kemajuan pariwisata di Tanah Air.

"Mahalnya harga tiket pesawat domestik tentunya membawa dampak pada sektor pariwisata. Oleh karena itu, pemerintah segera membentuk satuan tugas khusus,” kata Sandiaga dikutip dari akun Instagram pribadinya, @sandiuno, Sabtu (20/7/2024).



Sandiaga juga memastikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi harga tiket pesawat di Tanah Air yang mahal. Terutama rute domestik.

"Kami telah melakukan koordinasi yang menghasilkan beberapa langkah untuk mengatasi harga tiket pesawat, terutama rute domestik yang mahal," jelasnya.

"Langkah-langkah ini tengah dikaji oleh sejumlah kementerian dan lembaga terkait. Termasuk Kemenparekraf, Kemenhub, Kemenko Perekonomian, Kemenkomarves, serta kementerian atau lembaga terkait lainnya untuk membuat komponen lebih efisien sehingga harga tiket pesawat bisa kembali turun dan terjangkau," lanjutnya.

Sebelumnya, Sandiaga juga berharap harga tiket pesawat sudah turun sebelum masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir. Karena itu ia mengklaim satgas penurunan harga tiket pesawat ini sudah bekerja.



"Satgas sudah mulai bekerja dan nanti akan disampaikan pada Agustus hasil kerja bulan pertama," ujar Sandiaga di sela kunjungan ke Desa Wisata Jatimulyo, Kulonprogo pada Jumat, 19 Juli 2024.

Satgas, disebut Sandiaga telah melaksanakan beberapa kegiatan. Mulai dari membedah harga avtur, berbagai jenis pajak dan bea yang selama ini dibebankan pada industri penerbangan termasuk biaya perawatan pesawat.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)