alexametrics

Bosan Sarapan Nasi atau Bubur? Coba Saja Bikin Fish and Chips

loading...
Bosan Sarapan Nasi atau Bubur? Coba Saja Bikin Fish and Chips
Ilustrasi fish and chips. / Foto: Country Life
A+ A-
JAKARTA - Fish and chips bisa Anda nikmati jika bosan sarapan nasi, bubur atau roti di pagi hari. Sajian khas Negeri Ratu Elizbeth ini dibuat dari fillet ikan dengan balutan tepung yang renyah dan semakin nikmat disantap bersama kentang goreng.

Dengan bentuk dan tampilannya yang menarik, si kecil bakal menyukainya. Makanan ini pun bisa dibuat sebagai bekal sekolah buah hati Anda.ikutip dari akun Instagram @masaktv, berikut resep membuat fish and chips untuk sarapan pagi.

Bahan-bahan:
1 ekor ikan nila fillet
100 g kentang
100 g ubi putih
150 g tepung terigu
50 g tepung beras
360 ml air soda
1 buah bawang bombai
3 btr telur rebus
1 buah lemon
30 g mayonaise
1 buah timun
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 sdt thyme
1/2 sdt baking soda
Garam
Gula
Lada
Cuka
Parsley

Cara membuatnya:
1. Potong kentang dan ubi sesuai selera, kemudian rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan. Potong timun dan buang bijinya, taburkan garam hingga keluar cairan. Buang cairan dari timun, kemudian marinade dengan cuka dan gula pasir. Campur 80 g tepung terigu, tepung beras, baking soda, garam dan air soda. Kocok hingga rata, tambahkan parsley cincang dan tyme kemudian diamkan selama 15 menit. Cincang bawang merah, ½ butir bawang bombay, putih telur, dan acar timun. Masukan ke dalam mayonaise, tambahkan dengan air lemon, kulit lemon dan parsley cincang. Sisihkan.



2. Potong bulat besar bawang bombai, kemudian lumuri dengan tepung terigu dan masukan ke dalam adonan basah, goreng hingga matang. Angkat tiriskan. Lumuri ikan dengan lada dan garam, balur dengan tepung terigu, kemudian celupkan ke dalam adonan basah, goreng hingga matang. Angkat tiriskan. Untuk kentang dan ubi, hanya dibalur dengan tepung terigu kemudian digoreng hingga matang. tiriskan, taburi dengan garam dan lada. Sisihkan. Siapkan piring saji, tata bawang bombay goreng, ikan, kentang dan ubi. Sajikan bersama saus tartar. Fish and chips siap dihidangkan.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak