alexametrics

Kegemilangan BTS Beri Pengaruh Besar terhadap Perekonomian Korsel

loading...
Kegemilangan BTS Beri Pengaruh Besar terhadap Perekonomian Korsel
BTS diperkirakan menghasilkan hampir USD4 miliar untuk ekonomi Korsel setiap tahun. / Foto: Metro
A+ A-
SEOUL - Sepertinya tidak bisa dipungkiri bahwa Bangtan Boys alias BTS merupakan boyband terbesar di dunia saat ini. Kesuksesan BTS tak hanya berdampak pada para personelnya saja, melainkan juga untuk Korea Selatan. RM dan kawan-kawan dilaporkan telah menambah uang untuk perekonomian Korsel dalam jumlah besar.Dilansir dari Koreaboo, menurut CNBC, BTS diperkirakan menghasilkan hampir USD4 miliar untuk ekonomi Korsel setiap tahun. Selama dekade berikutnya, pelantun Anpanman tersebut diharapkan menambah USD37 miliar ke nilai ekonomi Korea jika mereka mempertahankan popularitas mereka saat ini.
Tidak hanya mendongkrak perekonomian, BTS juga merupakan kekuatan pendorong yang cukup besar untuk pariwisata di Korsel. Bahkan, CNBC menyebutkan bahwa BTS merupakan alasan 1 dari 13 wisatawan mengunjungi Korsel pada 2017. Hal tersebut seiring dengan penetapan BTS sebagai selebritas dunia dengan bayaran tertinggi.

Baru-baru ini, Forbes merilis daftar penghibur dengan bayaran tertinggi di dunia pada 2019. Sebagian besar dari total pendapatan BTS untuk tahun 2019 berasal dari tur dunia Love Yourself dan sekuelnya yang sedang berlangsung, Love Yourself: Speak Yourself.

Enam penampilan pertama BTS di Love Yourself: Speak Yourself berhasil meraup penghasilan kotor sebesar USD44 juta dan terjual kurang dari 300.000 tiket atau rata-rata USD7.000.000 per malam. BTS juga telah menjual ratusan ribu copy dari album 2019 mereka yang berjudul Map of the Soul Persona hingga merchandise dan lainnya.



BTS berada di urutan ke-43 dalam daftar Forbes's Celebrity 100 dengan pendapatan sebelum pajak sebesar USD57 juta selama setahun terakhir. Ini membuat mereka menjadi artis dengan bayaran tertinggi di K-Pop dan satu-satunya artis Korea yang masuk dalam daftar Forbes bersama Taylor Swift, Kylie Jenner, Kanye West, Lionel Messi dan Ed Sheeran yang masing-masing berada di posisi pertama dan kelima.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak