alexametrics

5 Makanan yang Membantu Meringankan Nyeri Otot, Telur hingga Salmon

loading...
5 Makanan yang Membantu Meringankan Nyeri Otot, Telur hingga Salmon
Nyeri otot menjadi masalah yang bisa mengganggu aktivitas. Mengatasnya bisa dengan makanan, seperti telur dan ikan salmon. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Nyeri otot biasanya disebabkan setelah melakukan olahraga atau aktivitas yang berat. Waspada, jika semakin memburuk karena dapat menyebabkan rasa sakit yang ekstrem pada gluteus maximus.

Ketika tindakan sederhana mengambil tas mulai terasa seperti tugas, Anda mungkin menderita DOM - atau tertunda rasa nyeri otot yang biasanya disebabkan setelah berolahraga. Oleh karena itu memperhatikan pemulihan pasca-latihan adalah sangat penting dan banyak orang menekankan untuk mandi es panjang, pijat mahal dan bahkan obat-obatan.

“Namun, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa cara paling efektif untuk melepaskan otot adalah melalui jenis makanan yang Anda konsumsi. Beberapa item makanan bergizi, ketika dimasukkan dalam diet pasca-olahraga, dapat membantu dalam memerangi peradangan dan otot onset yang tertunda,” kata Dr Siddhant Bhargava, salah satu pendiri Fitness & Nutritional Scientist.



Untuk membantu tetap bugar, ada beberapa item makanan yang akan membantu melawan rasa sakit dan nyeri otot. seperti dilansir The Indian Express, berikut ulasannya:

1. Telur
Protein adalah bahan penyusun otot yang paling penting dan menambahkan beberapa sumber protein, seperti telur ke dalam makanan dapat membantu mengurangi bahaya pengembangan DOMS. Selain itu, protein yang dapat diperoleh dari telur sangat cocok untuk melawan rasa sakit dan mendorong pertumbuhan otot yang sehat.

Satu telur mengandung sekitar 6 gram protein. Kita juga bisa mendapatkan vitamin dan mineral penting, tepatnya vitamin A, E dan K bersama vitamin B melalui konsumsi telur secara teratur. Telur juga merupakan sumber leusin yang menakjubkan yang berhubungan dengan pemulihan otot.

2. Ikan salmon
Salmon kaya protein serta lemak sehat yang memainkan peran penting dalam membangun kembali otot. Setiap porsi salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang sehat dan salmon diketahui membantu melawan peradangan, meningkatkan aliran darah ke otot, mengurangi nyeri otot dan memerangi pembengkakan. (Baca juga: Kualitas Tidur Buruk di Usia 50an Tingkatkan Risiko Alzheimer).

3. Kunyit
Kunyit membantu menyembuhkan luka dan cedera. Selain itu, efektif mengurangi ketidaknyamanan terkait dengan DOMS, mengurangi dampak cedera, dan meningkatkan kinerja otot. Ada baiknya menambahkan banyak kunyit yang mengandung curcumin ke dalam telur, smoothie, dan susu untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Pisang
Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik dan mudah dicerna dan membantu melonjak tingkat insulin yang tepat ke tubuh serta membantu memasukan protein ke dalam otot untuk meningkatkan renovasi dan pertumbuhannya. Pisang sebagai sumber potasium yang sangat baik, juga membantu meringankan nyeri otot pascaolahraga.

5. Buah ceri
Buah ceri dikenal kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa penting dalam ceri yang dikenal sebagai anthocyanin memainkan peran penting dalam mengurangi ketidaknyamanan otot, kemerahan, dan cedera seluler yang biasanya terjadi setelah melakukan latihan yang berat.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak