Mengenal Urtikaria Kolinergik, Penyakit Gatal yang Dialami V BTS

Senin, 15 Juli 2019 - 15:29 WIB
Mengenal Urtikaria Kolinergik, Penyakit Gatal yang Dialami V BTS
Mengenal Urtikaria Kolinergik, Penyakit Gatal yang Dialami V BTS
A A A
SEOUL - V BTS baru-baru ini mengungkap dirinya mengalami urtikaria kolinergik. Kondisi ini membuat tubuhnya terasa gatal-gatal yang disebabkan peningkatakan suhu tubuh. Lantas, penyakit apakah urtikaria kolinergik itu?

Dilansir Medicalnewstoday, urtikaria merupakan ruam kulit merah yang menyebabkan sensasi rasa gatal dan terkadang dipicu oleh allergen, sesuatu yang menghasilkan reaksi alergi.

Ketika reaksi alergi terjadi, tubuh melepaskan protein yang disebut histamin dan bahan kimia lainnya dari bawah permukaan kulit. Saat histamin dilepaskan, pembuluh darah kecil yang dikenal sebagai kapiler bocor dan mengeluarkan cairan.

Cairan ini kemudian menumpuk di kulit dan menyebabkan ruam. Urtikaria mempengaruhi sekitar 20% orang pada suatu waktu dalam hidup mereka. Kendati demikain, penyakit ini tidak menular. (Baca juga: Tips Mengatasi Menstruasi bagi Calon Jamaah Haji ).

Sementara, urtikaria kronis dapat dipicu sebagai respons autoimun. Namun, penyebab terjadinya masih belum jelas. Hanya saja, urtikaria kronis dapat menyebabkan ketidaknyamanan jangka panjang pada pederitanya dan terkadang menyebabkan komplikasi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8085 seconds (0.1#10.140)