alexametrics

Liu Yifei Mulan Milenial yang Berprestasi

loading...
Liu Yifei Mulan Milenial yang Berprestasi
Liu Yifei Mulan Milenial yang Berprestasi. (Istimewa).
A+ A-
LIU YIFEI, aktris asal China, yang namanya kian populer setelah mendapat peran sebagai Mulan di Disney live action. Sebelumnya, perempuan yang kaya prestasi ini banyak berperan dalam berbagai serial televisi dan film di China.

Yifei lahir di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada 25 Agustus 1987 dengan nama An Feng. Ayahnya bernama An Shaokang, seorang dosen bahasa Prancis. Ayahnya bekerja di Kedutaan Besar China untuk Prancis.

"Ibu saya bernama Liu Xiaoli, merupakan penari. Keluarga mewarisi bakat seni untuk saya," ujar Yifei, seperti dilansir dari ew.com. Namun, pada usia 10 tahun, kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai. Sejak tinggal bersama ibunya, Yifei mulai aktif di bidang tari, model, dan musik. Yifei dan ibunya memutuskan pindah ke New York, Amerika Serikat dan menetap di wilayah Queens.

Yifei menimba ilmu di Louis Pasteur Middle School dan tinggal di sana selama lima tahun sampai 2002. Pada 2002 pula Yifei mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat. "Namun , saya dan ibu memilih kembali ke China untuk mendalami karier akting," ujar Yifei. Saat kembali ke China, Yifei berhasil masuk Beijing Film Academy pada usia 15 tahun. Institusi ini merupakan institusi film terbesar di China. Meski berstatus mahasiswa, dia bermain serial televisi dan film sampai akhirnya lulus pada 2006.

Meski memulai kariernya di industri film China, Yifei masih menjadi warga negara Amerika hingga saat ini. "Saya banyak berperan dalam serial televisi aksi yang membuat saya mengenal seni bela diri secara intens," ujar Yifei. Serial televisi yang dimainkan Yifei, yaitu The Story of A Noble Family (2003), memiliki rating yang tinggi. Serial televisi pertama Yifei ini berdasarkan novel Zhang Henshui. Serial ini mencapai peringkat tertinggi pada CCTV , dan ulasan positif dari penonton. Tahun berikutnya, dia dipilih oleh Zhang Jizhong untuk memerankan Wang Yuyan di serial televisi Demi-Gods and Semi-Devils .

Serial televisi ini merupakan sebuah adaptasi dari novel Wuxia Louis Cha dengan judul yang sama. "Serial ini disiarkan di Taiwan dan menjadi drama China dengan nilai tertinggi di Taiwan," ujar Yifei. Yifei pun menjadi perhitungan di dunia hiburan China setelah bermain film Love of May (2004), The Love Winner (2004), dan Abao’s Story (2006). Setelah lulus, ia semakin aktif bermain film seperti, Love in Disguise (2010) dan The Assassins (2012). "Saya pernah bermain dalam sejumlah film laga China, salah satunya film The Forbidden Kingdom (2008) bersama Jackie Chan dan Jet Li," ujar Yifei.

Dua tahun lalu, tepatnya pada 30 November 2017, Disney mengumumkan bahwa Yifei terpilih sebagai pemeran Mulan dalam film live action Mulan. Yifei berhasil mengalahkan 1.000 kandidat lain dari seluruh dunia untuk peran Mulan. Yifei sebenarnya menanggung beban cukup berat memerankan Mulan mengingat adaptasi animasi versi 1998 amat sukses. Kala itu suara karakter Mulan disulih suara oleh Ming Na Wen dan suara ketika bernyanyi disulih oleh Lea Salonga. Film ini mengisahkan pergulatan batin dan perjuangan seorang perempuan muda yang menyamar menjadi laki-laki untuk bergabung melawan musuh dari utara yang menyerang China.

Kisah ini terinspirasi dari kisah legenda tentang Hua Mulan, seorang pejuang perempuan China dari periode dinasti Utara dan Selatan (420-589 Masehi), dan muncul pertama kali dalam kisah Ballad of Mulan. Dalam Ballad of Mulan , Hua Mulan mengambil peran sang ayah dalam pasukan kerajaan. Ia bertarung selama 12 tahun dan mendapatkan kehormatan tertinggi, namun ia menolak semua penghargaan dan memilih pensiun kembali ke kampungnya. "Putri tertua dari seorang prajurit terhormat, Hua Mulan bersemangat, bertekad, dan gesit di atas kakinya sendiri," kata Disney dalam pernyataannya, dikutip dari Entertainment Weekly.

Film live action Mulan ini disutradarai oleh Niki Caro yang naskahnya ditulis oleh Rick Jaffa dan Amanda Silver. Film ini mengambil lokasi syuting di Selandia Baru dan China, serta tayang di bioskop seluruh dunia pada Maret 2020. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak