alexametrics

3 Obat Rumahan yang Efektif Turunkan Kolesterol Tinggi

loading...
3 Obat Rumahan yang Efektif Turunkan Kolesterol Tinggi
Kolesterol bisa diwariskan, meski pada umumnya disebabkan gaya hidup. Lalu, bagaimana mengatasinya? Ada 3 obat rumahan yang cukup efektif menurunkan kolesterol tinggi. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kolesterol tinggi atau dikenal sebagai hiperkolesterolemia merupakan kondisi medis yang menyebabkan kadar lemak tertentu terlalu tinggi dalam darah dan buruk bagi kesehatan. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gejala dan kolesterol bisa diwariskan, meski pada umumnya disebabkan faktor gaya hidup.

Nah, menjalani gaya hidup sehat, seperti makan-makanan sehat dan olahraga teratur dapat membantu mengurangi kolesterol. Bahkan, banyak orang beralih ke pengobatan alami untuk membantu mengelola kondisi mereka.

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Jika kadar kolesterol tetap tinggi, meski melakukan perubahan gaya hidup, dokter akan meresepkan obat untuk membantu mengendalikan kondisi Anda.



Kendati demikian, terdapat tiga obat rumahan yang terbukti efektif untuk mengatasi kolesterol tinggi hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Berikut ulasannya seperti dilansir Times Now News.

1. Bawang putih
Sering dianggap sebagai obat herbal ajaib, bawang putih telah digunakan sebagai bahan memasak dan obat untuk berbagai penyakit selama ribuan tahun. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol darah, sehingga memperlambat perkembangan aterosklerosis, sesuai NCCIH.

Tetapi seperti banyak terapi alternatif, penelitian tentang efektivitas bawang putih telah menghasilkan hasil yang beragam. Juga, sebuah studi dalam Journal of Nutrition mengklaim bahwa ekstrak bawang putih yang sudah tua dapat membantu mengurangi kolesterol total dan LDL (buruk) masing-masing sebesar 7 dan 10%.

2. Biji rami
Dikenal karena khasiatnya yang melindungi kesehatan, biji-biji kecil ini telah terbukti menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebagai contoh, sebuah studi dalam Nutrisi dan Metabolisme menyarankan bahwa minuman biji rami membantu menurunkan kadar total kolesterol dan kolesterol LDL (jahat) masing-masing sebesar 12 dan 15%. (Baca juga: Olahraga Meningkatkan Fungsi Otak pada Penderita Obesitas).

3. Gandum
Studi terbaru menunjukkan bahwa gandum mengandung vitamin penting, antioksidan, serta serat larut, yang semuanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dipercaya bahwa beta-glukan (serat larut) yang ditemukan di barley dan banyak biji-bijian dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan lemak ke dalam aliran darah.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa peningkatan terbesar dalam kadar kolesterol total dan LDL diamati dalam diet dengan tingkat beta-glukan sedang atau tinggi. Para peneliti menyarankan bahwa menambahkan gandum ke dalam diet sehat dapat secara efektif membantu menurunkan kolesterol total dan LDL pada pria dan wanita.

Meskipun bahan-bahan yang disebutkan di atas dapat membantu menurunkan kolesterol, Anda tetap harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba salah satu dari obat rumahan tersebut untuk menentukan apakah mereka aman untuk Anda.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak