Banyak Makan Sayuran dan Buah Bisa Cegah Penyakit Kanker Prostat

Sabtu, 20 Juli 2019 - 13:30 WIB
Banyak Makan Sayuran dan Buah Bisa Cegah Penyakit Kanker Prostat
Banyak Makan Sayuran dan Buah Bisa Cegah Penyakit Kanker Prostat
A A A
JAKARTA - Kanker prostat yang diderita Aswendo Atmowiloto pada dasarnya dapat dicegah. Salah satunya dengan melakukan diet sehat, mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan berlemak tinggi dan sebagai gantinya fokuslah memilih berbagai buah, sayuran dan biji-bijian. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dapat berkontribusi untuk kesehatan.

Dilansir Mayoclinic, makan-makanan yang sehat dengan beragam buah dan sayuran secara otomatis dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pencegahan lainnya dalah memilih makanan sehat daripada mengkonsumsi suplemen. Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen berperan dalam mengurangi risiko kanker prostat.Sebagai gantinya, pilih makanan yang kaya akan vitamin dan mineral sehingga Anda bisa menjaga kadar vitamin sehat di tubuh.

Berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu. Olahraga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, membantu mempertahankan berat badan dan meningkatkan suasana hati.

Ada beberapa bukti bahwa pria yang tidak berolahraga memiliki kadar PSA yang lebih tinggi, sedangkan pria yang berolahraga mungkin memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah. Cobalah berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda baru berolahraga, mulailah secara perlahan dan teruskan waktu latihan Anda lebih banyak setiap hari.

Pertahankan berat badan yang sehat. Jika berat badan Anda saat ini sehat, berusahalah untuk mempertahankannya dengan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, tambahkan lebih banyak olahraga dan kurangi jumlah kalori yang Anda makan setiap hari. Mintalah bantuan dokter untuk membuat rencana penurunan berat badan yang sehat.

Bicaralah dengan dokter tentang peningkatan risiko kanker prostat. Pria dengan risiko tinggi kanker prostat dapat mempertimbangkan obat-obatan atau perawatan lain untuk mengurangi risiko mereka. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengambil 5-alpha reductase inhibitor, termasuk finasteride (Propecia, Proscar) dan dutasteride (Avodart), dapat mengurangi risiko keseluruhan pengembangan kanker prostat. Obat ini digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat dan kerontokan rambut pada pria.

Namun, beberapa bukti menunjukkan bahwa pria yang menggunakan obat-obatan ini memiliki peningkatan risiko terkena kanker prostat yang lebih serius (kanker prostat tingkat tinggi).
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3779 seconds (0.1#10.140)