alexametrics

Bahan Kimia Ini Berpotensi Picu Risiko Osteoporosis pada Wanita

loading...
Bahan Kimia Ini Berpotensi Picu Risiko Osteoporosis pada Wanita
Ilustrasi osteoporosis. / Foto: Medical News Today
A+ A-
JAKARTA - Sebuah penelitian menemukan bahwa triclosan, bahan kimia yang banyak digunakan dalam pasta gigi dan produk perawatan pribadi lainnya untuk membunuh bakteri, dapat menyebabkan wanita terkena osteoporosis.

Meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah melarang penggunaan triclosan di pembersih tangan, bahan kimia tersebut masih digunakan dalam produk lain, termasuk sabun, pasta gigi, dan obat kumur.

Menurut FDA, triclosan telah dikaitkan dengan penurunan kadar beberapa hormon tiroid dan risiko tambahan membuat beberapa bakteri kebal terhadap antibiotik. Sementara paparan terhadap triclosan telah terbukti mempengaruhi kepadatan mineral tulang dalam sel dan hewan. Ini adalah bukti pertama bahwa kandungan tersebut dapat memiliki efek yang sama pada manusia.



Dalam studi, para peneliti menemukan bahwa kadar zat kimia dalam urin yang lebih tinggi dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah pada tulang paha dan lumbar serta peningkatan risiko osteoporosis pada wanita, terutama wanita pascamenopause.Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti menganalisis data dari 1.848 wanita yang terpapar triclosan dan banyak bahan kimia lainnya selama hidup mereka.
Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan bahwa triclosan menyebabkan osteoporosis karena penelitian ini memiliki banyak keterbatasan. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Endocrinology & Metabolism ini menyarankan untuk menghindari setiap paparan bahan kimia karena dapat meningkatkan risiko.

"Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa triclosan mungkin memiliki potensi untuk mempengaruhi kepadatan mineral tulang dalam garis sel atau pada hewan. Namun, sedikit yang diketahui tentang hubungan antara triclosan dan kesehatan tulang manusia," kata ketua peneliti Yingjun Li dari Sekolah Tinggi Kesehatan Masyarakat Sekolah Kedokteran Hangzhou di Tiongkok seperti dilansir dari Times Now News.

Untuk penelitian ini, Li dan rekannya mengumpulkan data dari 1.848 wanita yang mengambil bagian dalam Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Nutrisi Nasional AS antara 2005 dan 2010.Menurut FDA jika obat bebas mengandung triclosan harus terdaftar sebagai bahan pada label, dalam kotak fakta obat. Obat bebas termasuk sabun antibakteri dan sabun badan serta pasta gigi berfluoride. Demikian pula, jika produk kosmetik memiliki triclosan, harus dimasukkan dalam daftar bahan pada label produk.
Konsumen dapat mengurangi risiko terpapar triclosan dengan memeriksa label dan menghindari produk rumah tangga yang mengandung bahan kimia tersebut.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak