alexametrics

Ikan Tilapia Olahan Chef Norman Terasa Nikmat dan Lezat

loading...
Ikan Tilapia Olahan Chef Norman Terasa Nikmat dan Lezat
Ikan Tilapia Olahan Chef Norman Terasa Nikmat dan Lezat
A+ A-
SEDANG mencari ide memasak, namun bosan dengan menu daging atau ayam yang sering dimakan sehari-hari di rumah? Berbagai resep untuk mengolah ikan tilapia dari Chef Norman Ismail berikut bisa jadi inspirasi Anda. Ikan tilapia atau yang lebih akrab disapa ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah untuk dikonsumsi dan masih terjangkau harganya.

Seperti ikan lain pada umumnya, ikan tilapia memiliki kandungan protein hewani yang baik bagi tubuh sehingga sangat bermanfaat. Selain itu, terkandung vitamin dan mineral yang sangat penting, seperti vitamin B12, kalium, fosfor, omega 3, dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung.

Nah, kayanya kandungan gizi dan vitamin pada ikan tilapia bisa menjadi pengganti jenis lauk hewani lainnya yang sehari-hari biasa ditemui. Namun, mengolah ikan tilapia tentu beda dengan mengolah ayam atau daging sapi.



“Dimasak apa pun bisa dan sangat praktis, tidak perlu dicuci, tapi setelah keluar dari frozen jangan langsung dimasak. Tunggu sekitar 15-20 menit dalam suhu ruangan,” sebut Chef Norman Ismail, saat acara peluncuran produk terbaru Regal Springs Indonesia Naturally Better Tilapia di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Chef Norman, secara tekstur, ikan tilapia dibanding jenis ikan lain lebih lembut tapi tidak mudah hancur sehingga pengolahannya sederhana tapi harus tepat. Ikan tilapia bisa dilumuri dengan tepung sebelum digoreng, lalu ditambahkan dengan saus.

Salah satu resep yang ditampilkan Chef Norman dan mudah untuk diikuti, yaitu dengan menu ikan tilapia saus telur asin. Bahan yang digunakan adalah 250 gram ikan tilapia fillet, bumbu dasar seperti bawang putih, dan 5 kuning telur asin yang telah dipisahkan dari putihnya.

“Agar rasanya enak, kuncinya cari telur asin yang kualitasnya baik karena biasanya tanpa diberi bumbu akan enak,” sebut Chef Norman. Cara masaknya sederhana, potong-potong kecil dan lumuri ikan tilapia fillet yang telah didiamkan 15 menit, sebelumnya ada di frozen dengan tepung. Siapkan penggorengan dan minyak panas, goreng ikan tilapia sampai kecokelatan, lalu tiriskan.

Selanjutnya masukkan bumbu dasar bawang putih yang sudah dihaluskan. Masukkan kuning telur asin, lalu aduk hingga tercampur bumbu. Setelahnya masukkan ikan tilapia goreng ke dalamnya dan aduk hingga rata. Ikan tilapia telur asin pun siap dinikmati. Selain dimasak dengan menu tadi, Chef Norman mengatakan ikan tilapia juga cocok dimasak dengan kuah pindang yang khas Palembang.

Ikan tilapia kuah pindang yang bercita rasa rempah ini bisa jadi menu sehari-hari yang mudah dibuat. Karakter masakan pindang ini asam, manis, dan pedas. Dalam bahan-bahannya menggunakan air asam jawa, cabai rawit merah, kecap manis, dan sedikit garam.

Lalu agar tidak bosan, Anda bisa mengkreasikan ikan tilapia dalam menu sate lilit ikan tilapia yang merupakan inspirasi dari makanan khas Bali. Menurut Chef Norman, masih banyak cara untuk menjadikan ikan tilapia yang kaya sumber protein ini, bisa dibuat masakan Barat maupun Asia. Untuk menu ala Barat, Anda hanya perlu memanggangnya dalam oven setelah dimarinasi.

Sangat mudah, hanya perlu diberi tambahan garam, merica, dan perasan air lemon. Agar lebih berselera, buatkan juga sausnya yang bisa dibuat macam-macam. Tertarik untuk memasak ikan tilapia? Rangkaian produk Regal Springs Indonesia Naturally Better Tilapia kini sudah tersedia di Indonesia dan dapat ditemukan di berbagai supermarket. Berbagai menu tadi bisa Anda coba di rumah.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak