alexametrics

Rayakan 40 Tahun Gundam, Gunpla Expo Hadirkan Robot Gundam Terbaru

loading...
Rayakan 40 Tahun Gundam, Gunpla Expo Hadirkan Robot Gundam Terbaru
Gunpla Expo 2019 menghadirkan tema Beyond 40th Gundam sebagai bentuk perayaan waralaba serial anime Mobile Suit Gundam yang menginjak usia 40 tahun. / Foto: KoranSINDO/Thomas Manggalla
A+ A-
JAKARTA - Perusahaan produsen mainan dan multi toys Bandai Jepang kembali menggelar pameran Gunpla Expo 2019 yang akan berlangsung di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 19 Juli-4 Agustus 2019. Perhelatan tahun ini sekaligus sebagai peringatan 40 tahun anime Mobile Suit Gundam.

Gundam, yang dalam bahasa Jepang dibaca Gandamu, berasal dari sosok robot raksasa dari serial fiksi ilmiah buatan Studio Sunrise pada 7 April 1979. Serial tersebut membuat pernak-pernik Gundam menjadi bisnis waralaba produk televisi, film, komik manga, novel, permainan video, dan model plastik yang disebut Gunpla.

Adapun istilah Gunpla atau Gundam Plastic Model Kit merupakan jenis mainan yang diadaptasi dari anime berjudul Mobile Suit Gundam, produksi Bandai yang memiliki lisensi eksklusif di bidang manufaktur dan pemasaran di seluruh dunia.



Dalam gelarannya tahun ini, Gunpla Expo menghadirkan tema Beyond 40th Gundam sebagai bentuk perayaan waralaba serial anime Mobile Suit Gundam yang menginjak usia 40 tahun sejak diciptakan kali pertama oleh Hajime Yatake dan Yoshiyuki Tomino. Melalui tema itu, penyelenggara acara menghadirkan produk SD Gundam World Sangoku Soketsuden yang belum pernah mereka tampilkan.

"Penyelenggaraan tahun ini, kita ingin merayakan kebersamaan dengan Gundam yang menemani selama 40 tahun sejak 1979. Gundam melewati banyak generasi, tapi masih banyak peminatnya dari orangtua sampai anak-anak. Dan tahun ini kami hadirkan produk baru, SD Gundam World Sangoku Soketsuden, yang cukup disukai," ujar Erik Thianto mewakili penyelenggara di Mall of Indonesia (MOI), Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Produsen robot mainan asal Negeri Sakura tersebut rutin mengadakan pameran di beberapa negara Asia setiap tahunnya, antara lain di Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Hongkong, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Untuk di Indonesia sendiri sudah sepuluh kali digelar sejak kali pertama diadakan tahun 2009. Setiap tahunnya, Gunpla Expo selalu dihadiri oleh ribuan penggemar dari Indonesia dan mancanegara.

"Jadi banyak orang dari komunitas dan secara pribadi yang datang untuk mencari koleksi terbaru dan koleksi terbatas dari Gundam. Ada juga yang sekadar untuk berfoto dengan Gundam yang dipamerkan. Semoga event ini meriah. Target kami tahun ini memuaskan dahaga para penggemar, serta memperkenalkan Gundam kepada penggemar baru," tutur Erik.

Pada saat yang sama, aktris yang juga penggemar Gundam, Michelle Ziudith mengaku senang bisa terlibat dalam acara Gunpla Expo 2019. Dirinya memamg sudah tak sabar untuk berburu Gundam edisi terbatas yang disukainya dan akhirnya bisa kesampaian. "Pastinya ya aku excited banget, aku sudah tunggu lama banget. Pestanya para pecinta Gundam, aku mau berburu Gundam juga nanti yang banyak hadirkan limited Item," ujarnya.

Selama dua minggu digelar, Gunpla Expo 2019 akan diisi dengan berbagai macam acara dan pertunjukan mulai dari caravan kit, cosplayer, hingga pameran replika Gundam raksasa setinggi 3 meter dan 1,5 meter. Ada pula penjualan Gundam edisi terbatas yang hanya keluar setahun sekali serta undian berhadiah bagi para pengunjung yang beruntung.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak