Nirina Zubir Cemas Lepas Anak Kembali Sekolah

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:27 WIB
Nirina Zubir Cemas Lepas Anak Kembali Sekolah
Nirina Zubir Cemas Lepas Anak Kembali Sekolah
A A A
JAKARTA - Nirina Zubir merasa cemas saat melepas kedua anaknya, Zivara dan Elzo untuk kembali sekolah. Dia mengaku tidak bisa lagi sepenuhnya memantau kondisi buah hatinya.

"Selama ini interaksi mereka sama keluarga, ada rasa deg-degan mereka ke sekolah, khawatir mereka bisa adaptasi lagi atau enggak," kata Nirina saat acara Pepsodent Action 123: Perlindungan Menyeluruh untuk Senyum Sejak Hari Pertama di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Meski cemas dan khawatir melepas buah hatinya sekolah, presenter sekaligus aktris kondang itu memiliki cara untuk mengatasi rasa tersebut. Na, sapaan akrab Nirina menerapkan komunikasi dengan membiasakan saling bercerita sehingga sang anak memiliki kepercayaan diri dan merasa aman meskipun berjauhan.

"Bagiku, komunikasi adalah yang utama. Dengan membiasakan untuk saling ngobrol dan bercerita, aku ingin menanamkan kepercayaan dalam diri mereka bahwa meskipun dari jauh, aku selalu memastikan bahwa mereka akan terlindungi dari hal-hal yang mungkin mereka khawatirkan," tambahnya. (Baca juga: Perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Hanya Butuh 5 Menit ).

Sementara, psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd membenarkan psinsip Nirina. Rosdiana mengatakan, hal terpenting dari proses transisi kembali ke sekolah adalah keyakinan ibu bahwa dia mampu mempersiapkan perlindungan menyeluruh kepada anak sehingga mereka ikut merasa nyaman dan percaya diri dalam menjalani hari-hari pertamanya di sekolah.

"Ke sekolah bisa menjadi momok mengerikan kalo kita melepas anak tidak dengan tenang, senyum dan bahagia. Kalo anak terlindungi dan kita setidaknya akan tenang. Soalnya biasanya anak-anak kalo lebih kecil sangat terpengaruh sama perasaan ibunya atau siapapun yang anter. Apalagi kalau ibu panik, anak ikut panik," jelas Rosdiana.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6291 seconds (0.1#10.140)