alexametrics

Cangkir Menstruasi Aman dan Efektif Digunakan Seperti Pembalut

loading...
Cangkir Menstruasi Aman dan Efektif Digunakan Seperti Pembalut
Cangkir menstruasi tidak hanya ama efektifnya dengan pembalut dalam mencegah kebocoran darah, tapi cangkir ini juga tidak menunjukkan kenaikan risiko infeksi. (The New York Times)
A+ A-
JAKARTA - Cangkir atau gelas menstruasi dapat digunakan sebagai tampon atau pembalut saat sedang menstruasi. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet Public Health, bahwa cangkir menstruasi aman digunakan dan murah. Laporan tersebut menemukan bahwa tidak hanya sama efektifnya dengan tampon dan pembalut dalam mencegah kebocoran darah, tetapi cangkir menstruasi juga tidak menunjukkan peningkatan risiko infeksi.

Dilansir dari Times of India, sama seperti tampon, cangkir menstruasi dimasukkan ke dalam vagina dan bekerja tidak hanya menyerap tapi juga mengumpulkan darah. Benda ini terbuat dari bahan yang lembut, fleksibel seperti silikon, lateks atau karet dan dikosongkan setiap 4 hingga 12 jam.

Untuk melakukan penelitian ini, penulis mengamati 43 studi yang melibatkan 3.300 perempuan dan anak perempuan yang tinggal di negara-negara kaya dan miskin. Mayoritas penelitian ini bertanya kepada para wanita tentang bagaimana perasaan mereka menggunakan cangkir menstruasi dan juga membandingkan pengalaman wanita menggunakan tampon dan cangkir menstruasi.



Mereka juga mencatat bahwa hanya ada 5 kasus sindrom syok toksik yang dilaporkan dengan penggunaan cangkir menstruasi, tetapi mereka tidak dapat membandingkan risiko dengan produk menstruasi lainnya karena jumlah keseluruhan pengguna cangkir menstruasi tidak diketahui.

Kabar baiknya adalah cangkir menstruasi dapat digunakan kembali dan dapat bertahan hingga 10 tahun, hemat biaya, dan ramah lingkungan. Cangkir menstruasi juga menghasilkan sebagian kecil dari limbah plastik yang dihasilkan oleh pembalut dan tampon.

Pembalut wanita tidak mudah rusak dan sangat beracun bagi lingkungan. Selain itu, pelapisan plastik pembalut menjadi tempat berkembang biak bagi sejumlah bakteri, terutama jika tidak sering diganti sehingga meningkatkan risiko infeksi bakteri dan jamur.

Sementara, menggunakan cangkir menstruasi bisa sedikit rumit pada awalnya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah temukan ukuran cangkir yang ideal untuk tubuh Anda. Pastikan untuk membersihkan cangkir dengan merebusnya dalam air panas selama 5—10 menit. Lipat cangkir berbentuk lonceng sehingga lebih mudah untuk memasukkannya ke dalam lubang vagina. Setelah Anda memasukkannya, putar cangkir sehingga terbuka dan membentuk segel bebas bocor.

Anda dapat mengosongkan cangkir tergantung pada banyaknya menstruasi atau setiap 4—12 jam. Sedangkan, untuk mengeluarkan cangkir, tekan dari bawah dan tarik ke bawah dengan hati-hati. Tuang darah dan cuci gelas dengan air bersih. Pastikan untuk mencuci cangkir secara menyeluruh dan mensterilkannya.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak