Tingkatkan Pariwisata Jepang, JNTO Jalin Kerjasama dengan SIA

Kamis, 25 Juli 2019 - 00:31 WIB
Tingkatkan Pariwisata Jepang, JNTO Jalin Kerjasama dengan SIA
Tingkatkan Pariwisata Jepang, JNTO Jalin Kerjasama dengan SIA
A A A
JAKARTA - Japan National Tourism Organization (JNTO) dan Singapore Airlines (SIA) menandatangani Memorandum of Cooperation (MoC) untuk meningkatkan kerjasama dalam promosi perjalanan dan pariwisata menuju Jepang dari lima pasar utama.

"Jepang merupakan destinasi yang menyenangkan baik untuk wisatawan bisnis maupun rekreasi, dan melalui kemitraan ini, kami berharap dapat bekerja lebih dekat dengan JNTO untuk mendukung pertumbuhan perjalanan menuju Jepang lebih jauh lagi," ungkap Senior Vice President Sales & Marketing Singapore Airlines, Campbell Wilson dalam keterangan resminya baru-baru ini.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, JNTO dan SIA akan melakukan investasi yang signifikan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran, mempromosikan pariwisata menuju Jepang dari Singapura, Australia, India, Indonesia dan Malaysia. Pasar-pasar ini dipilih oleh JNTO dan SIA karena tingginya jumlah wisatawan dari negara-negara tersebut yang terbang ke Jepang pada 2018.

Melalui MoC ini, JNTO dan SIA juga akan bekerjasama dalam kegiatan promosi gabungan untuk membantu Jepang mencapai targetnya dalam menyambut 40 juta wisatawan asing pada 2020. Kerjasama ini merupakan kerjasama pertama JNTO dengan sebuah maskapai penerbangan.

Jumlah wisatawan menuju Jepang dari Singapura meningkat 2,3 kali lipat dalam lima tahun terakhir. Pada 2018, jumlah wisatawan dari Singapura meningkat 8,2 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menjadi 437.280 orang. Hal serupa juga terjadi karena adanya lonjakan jumlah wisatawan menuju Jepang dari India sebesar 14,7 persen, dari Australia sebesar 11,6 persen, dari Malaysia sebesar 6,5 persen dan dari Indonesia sebesar 12,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

SIA saat ini mengoperasikan 77 penerbangan mingguan menuju empat kota di Jepang, yaitu Tokyo (Bandara Haneda dan Narita), Nagoya, Osaka, dan Fukuoka. Anak perusahaan regional SilkAir mengoperasikan tiga layanan mingguan ke Hiroshima, sedangkan maskapai berbiaya rendah Singapore Airlines, Scoot mengoperasikan 37 layanan mingguan ke Sapporo, Narita Tokyo, dan Osaka. Oleh karena itu, SIA Group mengoperasikan 117 layanan mingguan gabungan antara Singapura dan Jepang.

"Lalu lintas penumpang masuk dari Asia Tenggara beserta wilayah sekitarnya telah tumbuh secara stabil dan wilayah-wilayah ini merupakan beberapa pasar yang penting bagi Jepang. Kami berharap melalui kerja sama dengan SIA, kami dapat menyambut lebih banyak lagi pengunjung menuju Jepang, tidak hanya dari Singapura tetapi dari seluruh Asia Tenggara dan wilayah lainnya termasuk yang transit di Singapura," ujar Executive Vice President JNTO, Akira Ninagawa.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0732 seconds (0.1#10.140)