alexametrics

Kopi Ini Diklaim Dibuat Tanpa Biji Kopi dan Tidak Pahit

loading...
Kopi Ini Diklaim Dibuat Tanpa Biji Kopi dan Tidak Pahit
Hadir dengan nama Atomo, kopi yang dibuat ilmuwan Jarret Stopdorth dan pengusaha Andy Kleitsch, ini hadir bukan dari biji kopi dan diklaim tidak terasa pahit. (Fast Company)
A+ A-
Sebagian besar orang menggunakan krim, susu atau gula untuk menutupi rasa pahit dari kopi. Namun, sebuah perusahaan di Seattle, Amerika Serikat, baru-baru ini berinovasi dan berhasil membuat kopi bukan dari biji kopi dan diklaim tidak memiliki rasa pahit.

Dilansir dari Odditycentral, hadir dengan nama Atomo, kopi unik ini dibuat ilmuwan makanan berpengalaman Jarret Stopdorth dan pengusaha Andy Kleitsch. Keduanya menghabiskan waktu selama empat bulan di sebuah laboratorium untuk melakukan sebuah percobaan.

Stopdorth dan Kleitsch meneliti biji kopi yang masih hijau dan sudah dipanggang serta menyeduh kopi melalui kromatografi gas dan cairan. Cara ini bertujuan untuk mengidentifikasi lebih dari 1.000 komponen dalam kopi dan tingkat molekul.



Setelah menganalisis semua senyawa penting yang memberikan aroma dan rasa alami pada kopi, mereka akhirnya dapat membuat kopi versi mereka sendiri. Kopi itu adalah kopi tanpa senyawa yang tidak menimbulkan rasa pahit.

"Kami melihat semua senyawa dalam kopi pada tingkat molekuler - tubuh, rasa, aroma, warna—lebih dari 1.000 senyawa dalam biji kopi yang dipanggang. Kami menemukan senyawa penting untuk aroma dan rasa. Kemudian kami mengambil senyawa yang diturunkan secara alami untuk mendesain kopi kami sendiri," kata Atomo.

Salah satu perbedaan mendasar antara kopi molekuler yang dibuat khusus ini dan kopi lainnya adalah Atomo tidak berasal dari biji kopi. Kopi ini mengandung beberapa senyawa molekuler penting yang ditemukan dalam kopi asli, namun bersumber dari berbagai bahan nabati alami yang sifatnya berkelanjutan.

Meskipun Atomo tidak menggunakan biji kopi yang sebenarnya untuk membuat produknya, Atomo masih dapat dikategorikan sebagai kopi, karena FDA (Food and Drug Administration) tidak memiliki definisi resmi untuk kopi atau identitas standar kopi. Namun, Atomo dengan bangga mengungkapkan bahwa produknya adalah beanless.

“Kami akan sangat jelas bahwa kopi kami tidak berasal dari biji. Bahkan, kami akan sangat bangga mengatakan itu, dan akan ada kejujuran dalam pelabelan sehingga kami tidak menipu konsumen. Tetapi karena tidak ada definisi peraturan resmi, kami masih bisa menyebutnya kopi," papar Stopdorth.

Meskipun kopi tanpa biji terdengar aneh, namun kopi Atomo memiliki kelebihan. Menurut sebuah laporan International Center for Tropical Agriculture, tanah yang cocok untuk menanam kopi diperkirakan akan menyusut hingga 50% di seluruh dunia dalam tiga dekade mendatang. Dengan menghilangkan kebutuhan akan biji kopi, ancaman seperti pemanasan global dan infeksi jamur menjadi tidak relevan, seperti halnya penggundulan hutan di wilayah yang luas untuk perkebunan kopi.

Atomo menolak memberi tahu bahan-bahan apa saja yang digunakan di produk kopinya. Sejauh ini, startup Seattle itu mengungkapkan bahwa produknya adalah campuran berbagai senyawa yang ditemukan dalam makanan, seperti antioksidan, flavonoid, dan asam kopi, dengan tambahan kafein.

Kopi Atomo akan dijual sebagai bubuk yang dapat diseduh dengan cara yang sama seperti kopi biasa. Kopi ini juga memiliki warna dan aroma yang sama dengan kopi pada umumnya.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak