Sandiaga Buktikan Produk UMKM Berkualitas: Lebih Bagus dari Internasional

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:20 WIB
loading...
Sandiaga Buktikan Produk...
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menunjukkan komitmennya dalam mendukung produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Foto/Dimas Andhika Fikri
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menunjukkan komitmennya dalam mendukung produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Ia sendiri sudah membuktikan bahwa produk-produk lokal memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk internasional.

Sederet jenama Tanah Air bahkan telah melanglang buana hingga ke kancah internasional. Sebut saja Buttonscarves yang berhasil mengekspansi pasarnya ke Negeri Jiran, dan Tale Of Two yang produknya berulang kali digunakan oleh artis Hollywood.

"Kualitas produk kita nggak kalah ya, malah lebih bagus dari produk-produk internasional. Mulai dari ujung kaki dan ujung kepala kita punya produk-produk lokal," kata Sandiaga dalam acara Seremonial Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama & MoU Wonderful Indonesia Co-Branding Forum II 2024 di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta pada Jumat, 27 Juli 2024.

Sandiaga menjelaskan peningkatan kualitas ini tidak terlepas dari dukungan dan kritik konstruktif yang diberikan oleh para customer. Dalam arti lain, para pelaku UMKM lokal sebetulnya hanya memerlukan kepercayaan pelanggan untuk mengembangkan bisnis mereka.



"Saya sudah 8 tahun lebih banyak menggunakan produk-produk UMKM lokal. Begitu sering dipakai, produk-produk mereka itu semakin berkualitas. Ini karena mereka mendapatkan feedback dan trust dari customer," jelasnya.

"Ketika mereka mendapatkan feedback, misalkan ada bagian produk yang lecet, celananya kurang nyaman saat dikenakan, atau minumannya terlalu manis. Mereka tentu akan segera memperbaiki kualitasnya. Itulah bagian dari brand journey dan produk improvement," tambahnya.

Berbicara soal UMKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sendiri memiliki sejumlah program untuk membantu pengembangan bisnis para pelaku usaha UMKM. Salah satunya adalah Wonderful Indonesia Co-Branding (WICB).

Program ini memungkinkan para pelaku usaha untuk bermitra dengan Kemenparekraf dan anggota lainnya dalam upaya mempromosikan produk. Adapun keuntungan yang diberikan pun sudah terbukti nyata.



“Semua orang tentu ingin bisnisnya berkembang. Nah, Wonderful Indonesia itu adalah branding nation kita yang sudah menjadi top of mind di masyarakat luas," ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini.

"Jadi benefit yang mereka dapat salah satunya menyematkan branding tersebut pada produk-produknya. Ini sudah terbukti berhasil, beberapa mitra ada yang salesnya meningkat hingga tiga kali lipat ketika join dengan Wonderful Indonesia Co-Branding," tandasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)