Ini Gejala Penyakit Penyempitan Pembuluh Darah di Otak seperti Dialami Sonny Septian

Selasa, 30 Juli 2024 - 16:41 WIB
loading...
Ini Gejala Penyakit...
Kabar tak mengenakkan datang dari suami Fairuz A. Rafiq, Sonny Septian. Pasalnya, dia didiagnosis mengidap penyempitan pembuluh darah. Foto/Instagram Fairuz A. Rafiq
A A A
JAKARTA - Kabar tak mengenakkan datang dari suami Fairuz A. Rafiq, Sonny Septian. Pasalnya, dia didiagnosis mengidap penyempitan pembuluh darah.

Melalui postingan di Instagram, Fairuz menceritakan tentang kondisi sang suami yang semula berada di ruang intensif, dan sudah pindah ke ruang inap biasa.

"Alhamdulillah, Ya Allah. Daddy sudah boleh pindah ke kamar biasa. Yuk kita pindah sayang, Sonny Septian. Yuk sayang, semangat, ya, sebentar lagi sehat," kata Fairuz, dikutip Selasa (30/7/2024).

Fairuz menceritakan, awalnya Sonny sakit pencernaan. Tapi, sebelum itu kerap muncul keluhan lain, yaitu pusing dan rasa sakit (di kepala) yang luar biasa.

Setelah diperiksa, dokter menyarankan melakukan MRI dan baru ketahuan kalau di bagian kepala Sonny Septian ada penyempitan pembuluh darah.

Lantas, apa itu penyempitan pembuluh darah?

Dilansir dari laman Mayoclinic, penyempitan pembuluh darah disebut juga dengan stroke iskemik, yang terjadi karena pasokan darah ke bagian otak terhambat atau berkurang. Penyumbatan ini membuat jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutris sehingga membuat sel-sel otak mulai mati dalam hitungan menit.


Gejala Penyempitan Pembuluh Darah

Gejala penyempitan pembuluh darah ada beberapa, yakni:

- Kesulitan Berbicara

Orang yang mengalami penyempitan pembuluh darah akan sulit berbicara dan membuat orang lain sulit memahami apa yang dikatakan.

Seseorang yang terkena stroke mungkin mengalami kebingungan, kata-kata yang diucapkannya tidak jelas, atau mungkin tidak dapat memahami pembicaraan.

- Mati Rasa

Selain itu, mereka juga mengalami mati rasa, lemah, hingga lumpuh wajah di lengan atau kaki. Kondisi ini sering kali hanya memengaruhi satu sisi tubuh.

- Masalah Penglihatan

Gejala masalah penglihatan juga akan muncul di satu atau kedua mata. Penglihatan orang tersebut mungkin tiba-tiba kabur atau menghitam pada satu atau kedua mata. Atau, orang tersebut mungkin melihat dua kali.


- Sakit Kepala

Sakit kepala yang parah dan tiba-tiba bisa jadi merupakan gejala stroke. Muntah, pusing, dan perubahan kesadaran bisa terjadi bersamaan dengan sakit kepala.

- Kesulitan Berjalan

Seseorang yang terkena stroke dapat tersandung atau kehilangan keseimbangan atau koordinasi.

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika mengalami gejala di atas, sebaiknya langsung cari pertolongan medis, meskipun gejalanya muncul dan hilang atau hilang sama sekali.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)