Nonton Kartun Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Keterampilan Anak

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 16:29 WIB
Nonton Kartun Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Keterampilan Anak
Nonton Kartun Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Keterampilan Anak
A A A
NEW DELHI - Tidak ada keraguan bahwa sebagian besar anak-anak suka menonton kartun dan mereka sangat menyukainya sehingga dapat menontonnya sepanjang hari. Tapi umumnya, orang tua khawatir tentang kebiasaan ini. Mereka pikir itu tidak hanya akan berdampak pada mata, juga akan mempengaruhi anak secara negatif. Benarkah?

Sebuah studi yang dilakukan Departemen Psikologi dan Pendidikan Evolusi UPV/ EHU menunjukkan bahwa menonton kartun sebenarnya baik untuk perkembangan anak-anak . Studi ini menemukan bagaimana kartun naratif dan non-naratif dapat mengembangkan penalaran moral, keterampilan naratif, dan nilai-nilai berlawanan pada anak-anak.

Para peneliti menemukan untuk tujuan apa anak-anak sekolah memanfaatkan internet dan perangkat elektronik lainnya serta strategi kontrol dan dukungan yang digunakan oleh orang tua. Seiring dengan hal itu, mereka juga mengidentifikasi konsepsi negatif yang dimiliki orang tua tentang penggunaan internet dan tantangan dan kesulitan yang mereka hadapi ketika memediasi penggunaan mereka.

Berbagai tes lain dilakukan untuk memahami bagaimana anak-anak sekolah menafsirkan dan memecahkan kode konten fiksi dari kartun. Hasil tes mengungkapkan bahwa kartun naratif dan non-narasi memengaruhi penerimaan, pemahaman, pemrosesan, dan memori anak.

Anak-anak yang menonton kartun naratif memberikan akun yang lebih panjang dan terperinci. Sementara, mereka yang menonton yang non-narasi telah mengubah, akun yang lebih pendek. (Baca juga: Bagaimana Menghadapi Social Beauty Bullying? ).

Menganalisis kapasitas anak-anak menonton kartun, studi ini menemukan bahwa mereka yang memiliki struktur naratif memberi anak-anak istirahat perhatian. Untuk yang non-naratif, mereka mempertahankan kontak mata terus menerus dengan layar.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2382 seconds (0.1#10.140)