7 Ciri-ciri Asam Urat di Usia Muda yang Sering Disepelekan

Rabu, 31 Juli 2024 - 22:25 WIB
loading...
7 Ciri-ciri Asam Urat...
Ciri-ciri asam urat di usia muda sering disepelekan oleh banyak orang. Ini karena asam urat biasanya dianggap sebagai kondisi yang menyerang orang tua. Foto/Balance Health
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri asam urat di usia muda sering disepelekan oleh banyak orang. Ini karena asam urat biasanya dianggap sebagai kondisi yang menyerang orang tua, tetapi tidak jarang juga ditemukan pada orang muda.

Asam urat adalah bentuk arthritis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah menjadi terlalu tinggi, membentuk kristal di persendian yang menyebabkan rasa sakit. Meskipun asam urat lebih sering dikaitkan dengan usia tua, orang muda juga bisa mengalaminya.

Mengenali ciri-ciri asam urat sejak dini sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah komplikasi lebih lanjut. Jika mengalami sejumlah gejala, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Perubahan gaya hidup seperti mengatur pola makan, menjaga berat badan, dan rutin berolahraga juga dapat membantu mengontrol kadar asam urat dan mencegah serangan di masa depan. Berikut adalah tujuh ciri-ciri asam urat yang perlu diwaspadai di usia muda dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (31/7/2024).

7 Ciri-ciri Asam Urat di Usia Muda yang Sering Disepelekan





1. Nyeri Mendadak dan Parah di Persendian


Gejala paling umum dari asam urat adalah serangan nyeri mendadak dan parah pada satu atau beberapa sendi, terutama jempol kaki. Nyeri ini sering terjadi di malam hari dan dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu. Selain jempol kaki, serangan asam urat juga bisa terjadi di pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari.

2. Pembengkakan dan Kemerahan


Persendian yang terkena asam urat sering kali menjadi bengkak, merah, dan sangat lembut. Pembengkakan ini disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat yang memicu respons inflamasi. Kemerahan di sekitar sendi yang terkena juga umum terjadi, membuat sendi terlihat lebih besar dan lebih hangat dari area sekitarnya.

3. Sensasi Panas di Sendi


Sendi yang terkena asam urat biasanya terasa panas saat disentuh. Sensasi panas ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi akibat kristal asam urat. Perasaan panas ini bisa sangat tidak nyaman dan menambah rasa nyeri yang sudah ada.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)