Hadir di Indonesia, Kartu Pokemon Bidik Kelompok Usia yang Luas

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 02:02 WIB
Hadir di Indonesia, Kartu Pokemon Bidik Kelompok Usia yang Luas
Hadir di Indonesia, Kartu Pokemon Bidik Kelompok Usia yang Luas
A A A
JAKARTA - Besarnya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap permainan kartu di Indonesia mendorong masuknya Pokemon Trading Card Game ke Tanah Air. Hal ini seperti menjadi kabar baik buat para pemain kartu di Indonesia, pasalnya permainan ini merupakan salah satu permainan kartu paling populer di seluruh dunia.

Kehadiran kartu Pokemon di Indonesia ini juga tidak terlepas dari peran Salim Group melalui PT Anugerah Kreasi Gemilang (AKG) yang menggandeng The Pokemon Company dari Jepang sebagai pemegang lisensi utama Pokemon secara resmi.

Permainan kartu versi Bahasa Indonesia menyasar target usia yang luas, dari anak berusia 6 tahun hingga orang dewasa berusia 35 tahun. Demikian sebagaimana diungkapkan Direktur Eksekutif Salim Group, Axton Salim saat konferensi pers peluncuran Pokemon TCG di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (8/8).

"Untuk kali pertama kami meluncurkan Pokemon TCG dalam versi Bahasa Indonesia. Permainan ini melatih para pemainnya untuk berpikir strategis karena permainan ini memerlukan taktik dan keahlian untuk dapat memainkan kartunya secara offline. Selain itu, kartu ini unik karena walaupun menggunakan Bahasa Indonesia, kartu ini dapat berlaku secara internasional," ucap Axton.

Anggota Dewan Direksi The Pokemon Company, Kenjiro Ito menambahkan bahwa keunggulan dari permainan kartu Pokemon. Menurutnya, permainan kartu ini membangun karakter dan juga keterampilan sosial bagi masing-masing pemainnya, karena ini permainan kartu yang offline dan bukan permainan kartu online.

"Kami berharap Pokemon Trading Card Game ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia seperti yang sudah terjadi di berbagai belahan dunia lainnya selama 23 tahun terakhir sejak adanya permainan ini," harap Kenjiro.

Pada saat yang sama, Axton mengungkapkan jika akan digelar kompetisi berskala nasional yaitu Pokemon Indonesia Championships. Pemenang kompetisi tingkat nasional ini akan mengikuti ajang kejuaraan 2020 Pokemon World Championships untuk memperebutkan gelar Juara Dunia Pokemon TCG.

"Walaupun tahun ini, belum ada pemain dari Indonesia yang berpartisipasi dalam ajang Pokemon World Championships, namun diharapkan mulai tahun depan para pemain Indonesia akan turut menyemarakkan kejuaran tingkat dunia tersebut," ungkapnya.

Kartu permainan Pokemon dengan cepat meraih antusiasme yang besar di banyak negara, sehingga pada Maret 2019, permainan kartu ini telah berhasil menjual lebih dari 27,2 miliar kartu di seluruh dunia. Sementara itu, kartu fisik Pokemon sudah bisa ditemui di minimarket Indomaret di seluruh Jabodetabek, dan juga di toko-toko game resmi. Untuk harganya dibanderol antara Rp20.000 hingga 80.000.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5147 seconds (0.1#10.140)