IDAI Tegaskan Susu Formula hanya untuk Anak dengan Indikasi Medis Khusus

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 08:20 WIB
loading...
IDAI Tegaskan Susu Formula...
Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr Piprim Basarah Yanuarso menegaskan susu formula hanya boleh diberikan kepada anak dengan indikasi medis khusus. Foto/Eater
A A A
JAKARTA - Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr Piprim Basarah Yanuarso menegaskan bahwa susu formula hanya boleh diberikan kepada anak dengan indikasi medis khusus. Pernyataan ini muncul setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) yang melarang produsen susu formula mempromosikan produk mereka.

Dr Piprim mengatakan pihaknya sangat mendukung untuk ASI eksklusif. Ia menyebutkan bahwa susu formula harus diresepkan oleh dokter berdasarkan kebutuhan medis seperti bayi prematur, bayi dengan gizi buruk, atau kekurangan enzim tertentu.

"Susu formula itu harus diresepkan dokter atas indikasi medis. Misalnya pada bayi prematur, pada bayi gizi buruk, kekurangan enzim tertentu, susunya khusus seperti itu," kata Dr Piprim dikutip dari kanal YouTube SINDOnews, Sabtu (3/8/2024).

Dr Piprim mengkritik kemudahan masyarakat dalam membeli susu formula yang tersedia dalam berbagai harga. Mulai dari murah hingga mahal.



Pada kesempatan yang sama, ia menekankan pentingnya implementasi peraturan dengan baik dan menginginkan pelaksanaannya yang efektif.

"Yang terjadi sekarang kan kemudahan orang awam untuk membeli susu dengan beragam harga dari murah sampai mahal. Itu yang penting implementasi dilakukan seperti apa. Kita ingin dilaksanakan dengan baik," jelasnya.

Di sisi lain, IDAI memiliki Satgas ASI yang berdedikasi melatih dokter untuk mendampingi ibu-ibu memberikan ASI eksklusif kepada anak mereka. Dr. Piprim menekankan pentingnya pemahaman dokter anak, dokter umum, dan bidan mengenai cara mendampingi ibu agar berhasil memberikan ASI eksklusif.

"Ini sangat penting, regulasi ada tapi si dokter anaknya, dokter umumnya, bidan, harus paham. Gimana supaya si ibu ini bisa didampingi mau memberikan ASI eksklusif," ujarnya.



Untuk mendukung gerakan ASI eksklusif secara lebih masif, IDAI akan membentuk BP2 ASI dan tersebar di 30 cabang IDAI. Dr. Piprim menekankan bahwa ASI eksklusif sangat penting karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, emosional, dan ekonomi keluarga.

Menurutnya, ASI eksklusif dapat meringankan beban ekonomi keluarga. Terutama bagi yang kurang mampu, dan menghindari biaya tambahan untuk membeli susu formula.

“Kenapa (ASI eksklusif penting)? Karena banyak manfaatnya untuk kesehatan, emosi, ekonomi juga. Bisa bayangkan udah ekonomi pas-pasan, bapaknya merokok, ibunya juga harus beli susu formula untuk bayi, padahal ekonomi pas-pasan, itu kan sangat mengganggu ekonomi keluarga," pungkasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)