Tips Mengolah Daging Agar Empuk dengan Menggunakan Nanas

Minggu, 11 Agustus 2019 - 11:15 WIB
Tips Mengolah Daging Agar Empuk dengan Menggunakan Nanas
Tips Mengolah Daging Agar Empuk dengan Menggunakan Nanas
A A A
JAKARTA - Mengolah daging merah terbilang susah-susah gampang. Pasalnya, keliru mengolahnya, daging akan menjadi alot atau keras dan mempengaruhi rasa akhir masakan. Untuk mendapatkan daging yang empuk, biasanya daging dipotong kecil-kecil dan direbus dalam waktu yang lama.

Namun, cara tersebut justru dinilai dapat mengurangi kelembutan tekstur daging. Lantas bagaimana cara mengolah daging agar empuk?

Beberapa bahan pun dipercaya bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Bahan-bahan yang digunakan ini pun merupakan bahan alami yang mudah didapat. Seperti halnya nanas. Dikutip dari berbagai sumber, nanas merupakan cara tradisional yang terbilang ampuh membuat daging menjadi empuk.

Sudah sejak dulu nanas digunakan untuk mengempukkan daging. Buah berwarna kuning ini mengandung enzim bromelin yang cara kerjanya sama dengan enzim papain. Enzim bromelin bertugas menguraikan serat-serat daging sehingga daging menjadi lebih empuk. Sementara, cara mengolahnya terbilang mudah.

Cukup parut atau haluskan nanas hingga lembut. Lumuri daging dengan nanas dan diamkan kurang lebih 10—30 menit. Agar nanas lebih meresap ke dalam, remas-remas daging secara perlahan. Selanjutnya, daging siap diolah. Di sisi lain, aroma asam nanas juga membantu meredam aroma amis pada daging.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8459 seconds (0.1#10.140)