alexametrics

70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-India

Empat Chef Indonesia Meriahkan Festival Kuliner di New Delhi

loading...
Empat Chef Indonesia Meriahkan Festival Kuliner di New Delhi
Memasuki 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan India, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New Delhi menggelar Indonesian Food Festival. (Dok. Kevindra)
A+ A-
NEW DELHI - Memasuki 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan India, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New Delhi menggelar Indonesian Food Festival. Ajang yang didukung Kementerian Pariwisata itu berlangsung dalam tiga rangkaian kegiatan.

Event ini dimulai dengan kuliah umum dan demo masak di International Institute of Hotel and Management (IIHE) New Delhi. Kemudian mengikuti 2nd International Hospitality Expo (IHE), dan festival masakan Indonesia di The Leela Palace Hotel.

Ketiga kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 6—14 Agustus dengan menghadirkan empat chef selebritas Indonesia. Mereka adalah Chef Yuda Bustara, Chef Gupta Sitorus, Chef Kevindra Soemantri dan Chef Primo Rizky. Turut serta dalam aktivtas tersebut seorang asisten, Jovan Hernando, yang merupakan mahasiwa teladan Universitas Podomoro.



Pada kesempatan tersebut, Kevindra dan Gupta yang merupakan seorang restaurater dan ice cream artisan, memberikan gambaran umum tentang lanskap dan sejarah masakan Indonesia. Di dalamnya juga termasuk pengaruh India dalam masakan Indonesia terutama masakan-masakan wilayah Sumatera.

“Banyak sekali kemiripan antara masakan India dan Indonesia, baik dari penggunaan bahan baku, teknik memasak sampai peralatan masak,” ungkap Kevindra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/8/19).

Menurut Kevindra, di antara pengaruh India yang kemudian diadopsi di Indonesia adalah penggunaan tembikar untuk memuat masakan yang diproses lama seperti opor dan tongseng. Gupta menambahkan, kemiripan juga terlihat dalam penggunaan bumbu masak dan rempah-rempah seperti jahe, ketumbar, dan jinten yang terlihat jelas dalam masakan-masakan Minang.

Sementara itu, Yuda Bustara dan Primo Rizky berhasil memukau ratusan mahasiswa dan para chef dari hotel terkemuka di India, yang juga hadir di IIHE untuk turut menyaksikan demo masak makanan Indonesia. Yuda dan Primo menampilkan Kalio, salah satu portofolio masakan Indonesia yang terinspirasi India.

“Karena penganut vegetarian di India cukup banyak, maka kali ini kami tidak hanya menunjukan cara membuat Ayam Kalio tapi juga terung kalio untuk para vegetarian,” kata Primo.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak