7 Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah yang Bisa Dikunjungi untuk Peringati HUT Kemerdekaan RI

Minggu, 04 Agustus 2024 - 16:16 WIB
loading...
7 Rekomendasi Tempat...
HUT kemerdekaan RI tinggal menghitung hari. Berkunjung ke tempat wisata sejarah bisa menjadi alternatif yang seru untuk merayakannya. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - HUT kemerdekaan RI tinggal menghitung hari. Berkunjung ke tempat wisata sejarah bisa menjadi alternatif yang seru untuk merayakannya.

Apalagi Indonesia terkenal bukan hanya karena alamnya yang indah, tapi juga memiliki beragam destinasi wisata sejarah yang telah mendunia. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata sejarah di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

1. Kota Tua Jakarta

Bagi warga Jakarta, Kota Tua menjadi salah satu tempat bersejarah di Ibu Kota yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi.

Tak hanya menawarkan nuansa klasik seperti di zaman Kolonial Belanda dengan bangunan bersejarahnya, di sini Anda juga bisa berfoto di sudut-sudut yang instagramable.



Beragam kegiatan pun bisa dilakukan di tempat ini. Mulai menyewa sepeda keliling kawasan Kota Tua Jakarta, menikmati kuliner, belanja souvenir, hingga menambah wawasan di deretan museumnya.

2. Taman Sari Yogyakarta

Beralih ke daerah Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata bersejarah yang ikonik di sana, yakni Taman Sari.

Objek wisata sejarah ini telah melewati beragam peristiwa mulai penjajahan Belanda dan Jepang, kemerdekaan bangsa Indonesia, serta selamat dari gempuran Inggris di tahun 1812 dan juga bencana gempa bumi pada 1876.

3. Kota Lama, Semarang

Masih di daerah Jawa Tengah, selanjutnya Anda bisa mengunjungi salah satu lanskap bersejarah di Semarang, yakni kawasan Kota Lama.

Kawasan satu ini pernah menjadi pusat perdagangan di abad 19 dan 20 serta memiliki sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri dengan kokoh serta memiliki nilai sejarah tinggi.

Para pelancong yang mengunjungi objek wisata sejarah ini akan disuguhi bangunan dengan arsitektur benua Eropa sekitar tahun 1700-an, lengkap dengan atap yang unik, penggunaan kaca warna-warni, serta ukuran pintu dan jendela yang besar.

Saking tua dan bersejarahnya kawasan ini, rencananya Kota Lama Semarang akan diajukan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Candi Borobodur, Magelang

Tidak jauh dari Yogyakarta, Anda juga bisa melipir ke Kota Magelang, Jawa Tengah, untuk berkunjung ke Candi Borobudur, salah satu tempat wisata sejarah paling ikonik di Indonesia.

Candi ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Borobudur merupakan candi terbesar di dunia. Bahkan, candi yang memiliki banyak patung Buddha ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

5. Candi Prambanan, Yogyakarta

Di daerah Yogyakarta juga terdapat sebuah candi yang cukup terkenal dan bisa dikunjungi untuk melakukan wisata sejarah, yakni Candi Prambanan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)