alexametrics

Suka Latte Art? Ini Tips dan Trik Membuat Latte Art di Rumah

loading...
Suka Latte Art? Ini Tips dan Trik Membuat Latte Art di Rumah
Latte art tidak hanya bisa didapatkan ketika Anda sedang berada di kafe. Dengan sejumlah tips dan trik, Anda pun bisa membut latte art di rumah Anda sendiri. (Acadmie de Caf de Montral)
A+ A-
JAKARTA - Pecinta kopi tentunya sudah tidak asing lagi dengan latte art, sebuah metode mempersiapkan kopi dengan menuangkan mikrofoam ke dalam espresso dan menghasilkan pola atau desain pada permukaan latte. Latte art juga dapat dibuat atau dihiasi hanya dengan menggambar di lapisan atas busa.

Latte art sangat sulit untuk dibuat secara konsisten, karena dibutuhkan dari tembakan espresso dan susu. Oleh karena itu untuk menghasilkan latte art yang cantik, dibutuhkan pengalaman barista dan kualitas mesin espresso. Latte art tidak hanya diperuntukkan bagi kopi latte, tapi juga berlaku untuk minuman lain yang mengandung busa susu seperti cappuccino dan cokelat panas.

Dengan sejumlah tips dan cara, maka latte art ini bisa dibuat sendiri di rumah? Tertarik? Berikut tips membuat latte art seperti dilansir dari Times of India.



1. Pilih cangkir yang tepat. Cara termudah untuk membuat latte art dalam cangkir berbasis bulat.

2. Anda akan membutuhkan susu dingin untuk ini. Jangan memanaskannya sebelum mengukus. Gunakan tiga ons susu untuk cangkir satu ons dan kukus.

3. Saat memulainya, jaga agar cangkir sedikit miring dan tuangkan susu secara perlahan dan merata dalam gerakan memutar.

4. Seni latte adalah tentang simetri, jadi pastikan desainnya terlihat sama di kedua sisi cangkir.

5. Untuk membuat desain zigzag, gerakkan teko susu bolak-balik secara perlahan.

6. Untuk pola hati, tuangkan susu berbusa untuk membuat titik besar, lalu seret tusuk gigi.

7. Untuk menggambar sinar matahari, pertama buat setengah lingkaran dengan busa. Untuk mengetsa pola sinar, celupkan tusuk gigi ke dalamnya dan dorong ke arah luar cangkir untuk membuat sinar runcing.

8. Untuk membuat pola tulip yang populer, di dalam cangkir, tuangkan susu busa ke dalam cangkir untuk membuat titik-titik terpisah. Ambil kuas atau tusuk gigi dan jalankan melalui setiap titik untuk menghubungkannya. Cara ini akan membuat desain seperti daun.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak