alexametrics

Festival Kuliner Bumi Andalas Hadirkan Kekayaan Rempah Masa Silam

loading...
Festival Kuliner Bumi Andalas Hadirkan Kekayaan Rempah Masa Silam
Summarecon Mall Serpong (SMS) Tangerang menggelar Festival Kuliner Serpong (FKS) yang menghadirkan beragam masakan khas Pulau Sumatera hingga 8 September. (SINDOnews/Hasan Kurniawan)
A+ A-
TANGERANG - Jika Anda berasal dari Bumi Andalas dan kangen dengan masakan kampung, Festival Kuliner Serpong (FKS), di Summarecon Mall Serpong (SMS) Tangerang, dijamin bisa mengobati kerinduan Anda. Acara yang dikemas dengan konsep budaya ini, menghadirkan sejumlah makanan khas dari negeri Andalas, mulai dari Aceh, Medan, Padang, Palembang, dan Lampung yang sangat kaya rempah-rempah.

Namun, bagi anda yang tidak cocok dengan masakan pedas, sebaiknya anda harus pintar-pintar memilih menu. Sebab, hampir rata-rata masakan di sini memiliki cita rasa pedas, dengan bumbu yang sangat kental. Sebut saja Pempek Beringin Palembang, Keripik Balado Christine Hakim, Nasi Kapau Bukit Tinggi, Mie Belitung Atep, Sate Padang Pariaman, Soto Medan, Bihun Kari Medan, BPK Sinabung, dan banyak lainnya.

FKS ini sebenarnya sudah dimulai. Namun, jika Anda sibuk hingga akhir pekan ini, jangan takut ketinggalan. Festival makanan khas Andalas ini berlangsung hingga 8 September 2019.



Center Director Summarecon Mall Serpong Willy Effendy mengatakan, pihaknya merasa bangga bisa menghadirkan makanan khas Andalas, karena cita rasanya yang sangat kaya dengan rempah-rempah asli Indonesia. "Sajian menu makanan yang dihadirkan, beberapa merupakan makanan otentik yang memang dibawa langsung dari daerah asalnya," kata Willy, kepada SINDOnews, di FKS SMS, Kelapa Dua, Rabu (14/8).

Untuk menghadirkan kampung di Sumatera yang khas, stand makanan dibuat menyerupai rumah adat dengan panggung utama yang memutar musik-musik daerah. "Totalnya ada sekira 100 tenant kuliner khas asal bumi Andalas. Diharap, pengunjung dapat berwisata kuliner dengan cukup menukarkan uang menjadi kartu makan isi saldo untuk berbelanja makan," paparnya.

Indra, salah seorang pengunjung asal Kota Tangerang mengaku sangat senang bisa mencicipi aneka makanan khas bumi Andalas yang unik, tanpa perlu ke Sumatera. "Sangat senang mas. Tadi saya cobain Nasi Kapau Bukit Tinggi dan Sate Padang Petak IX. Rasanya sangat khas, beda dengan masakan padang di luar. Satenya juga enak, banyak pilihan. Ada lidah, daging," ujar dia.

Indra mengaku, festival kuliner ini sangat ramah untuk keluarga, dan sangat baik dikunjungi, bukan hanya oleh mereka yang berasal dari Sumatera, tapi dari daerah lain. "Acaranya menarik. Karena tidak hanya soal kuliner. Tetapi juga mengangkat budaya bangsa. Kopinya juga enak. Tadi saya coba kopi Medan yang kopinya langsung didatangkan dari Sidikalang," kata dia.

Bagi para pecinta kopi yang menyukai rasa kopi yang kuat, sajian kopi Medan tidak boleh dilewatkan. Cukup mengeluarkan kocek Rp18.000, Anda bisa merasakan kuatnya kopi Medan.

Firman, salah seorang penjual kopi Medan mengatakan, kopi Medan memiliki rasa yang sangat khas. Sangat kental, dan wangi. Bagi para pecinta kopi hitam, kopi Medan sepertinya wajib dicoba dan rasakan.

"Ini kopi Sidikalang, dibawa dari daerah Sidikalang, Medan. Kopinya strong banget, pekat, baunya juga pekat. Dari aromanya juga sangat lumayan," ucap Firman.

Namun, tidak hanya kopi hitamnya saja yang khas. Jika Anda ingin rasa kopi yang agak lembut, bisa dicampur dengan susu juga. Harganya pun sama, Rp18.000 segelas. Dijamin, dahaga Anda akan terpuaskan.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak