alexametrics

Kue Mata Roda, Cemilan Tradisional yang Manis dan Legit

loading...
Kue Mata Roda, Cemilan Tradisional yang Manis dan Legit
Kue Mata Roda merupakan makanan tradisional dengan rasa manis dan legit, terbuat dari bahan utama singkong dan pisang. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Jajanan pasar bisa menjadi pilihan pas untuk camilan di sore hari. Kue Mata Roda misalnya. Makanan tradisional ini terbuat dari singkong sebagai bahan dasar utama yang diparut dan diberi isian buah pisang bagian tengah.

Kue basah ini memiliki rasa manis, gurih dan legit cocok untuk melengkapi sore hari Anda bersama keluarga. (Baca juga:Asupan Nutrisi yang Cukup Bisa Memperlancar ASI).

Biasanya, kue ini mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah. Dikutip dari akun Instagram @masaktv, berikut resep membuatnya.



Bahan-bahan:
300 g singkong
50 g tepung kanji
60 g gula pasir
Garam
1/4 sdt vanili
4 buah pisang raja
Pewarna makanan merah dan hijau
50 g kelapa parut

Cara membuat:
Campur singkong parut, tepung kanji, gula, garam dan vanili bubuk hingga tercampur rata. Bagi adonan singkong ke dalam 3 mangkok untuk diwarnai, atau bisa disesuaikan dengan pilihan warna yang diinginkan. Warnai adonan singkong merata. Ambil daun pisang, taruh sedikit adonan singkong di atas daun pisang lalu taruh pisang raja yang telah dikupas di atas adonan singkong.

Tambahkan lagi adonan singkong hingga cukup untuk pisangnya. Gulung daun pisang, lipat kedua ujungnya lalu semat dengan tusuk gigi. Kukus selama 1 jam atau hingga matang. Buka mata roda yang telah matang, pisahkan dari daun pisang. Lalu balur dengan kelapa parut yang telah dikukus. Potong mata roda menjadi setebal 1-1 1/2 cm atau sesuai selera. Kue mata roda siap dihidangkan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak