alexametrics

Ini yang Menyebabkan Album Baru Noah Tertunda Dua Tahun

loading...
Ini yang Menyebabkan Album Baru Noah Tertunda Dua Tahun
Grup band Noah akhirnya merilis album baru bertajuk Keterkaitan Keterikatan, setelah menunggu dua tahun lamanya. / Foto: KoranSINDO/Thomas Manggalla.
A+ A-
JAKARTA - Grup band Noah telah merilis album baru bertajuk Keterkaitan Keterikatan. Album tersebut menjadi album dengan penggarapan yang cukup panjang. Bahkan, prosesnya memakan waktu hingga dua tahun.

Perjalanan album Keterkaitan Keterikatan dimulai pada 2017. Para personelnya, yakni Ariel, Lukman dan David mengawalinya dengan melakukan serangkaian kegiatan, dan mulai rekaman album dengan melakukan karantina selama tujuh hari "7 Days In Paradise" di kapal phinisi Cheng Ho. Terhambat masalah cuaca, alhasil mereka kembali melanjutkan proses rekaman di Jakarta.

"Butuh dua tahun untuk menyelesaikan song-nya saja, beberapa musisi besar sempat mengatakan tidak bisa melengkapi liriknya, karena reff-nya sudah rapi, dan akhirnya diselesaikan bersama Pongki Barata," ujar Ariel Noah kepada SINDO di Jakarta, belum lama ini.



"Dan setelah ada beberapa kegiatan akhirnya jadilah album ini dan pada 2017 sempat kita bawakan di Sunset Concert Gili Trawangan, sedikit reffnya saja karena belum jadi lagunya," lanjutnya.

Kebuntuan Ariel saat menggarap lirik turut mempengaruhi tertundanya album Keterkaitan Keterikatan ini. "Bukan hanya buntu buat lagu lagi, tapi butek ini. Setiap orang kan kehidupan berubah termasuk punya kehidupan lain, seperti punya kehidupan lain yang mencuri interest saya," kata Ariel.

"Dulu saya kalau dengar dan melihat sesuatu atau baca-baca buku enggak lama itu langsung dapat inspirasi, kali ini susah benar," keluhnya.

Selain itu, pria bernama lengkap Nazril Irham tersebut juga merasa kekurangan kosa kata saat menulis lirik. "Dulu lagi ngobrol-ngobrol seperti ini bisa langsung dapat ide. Sekarang kosa kata yang agak habis, karena sebisa mungkin kita terutama saya menantang diri sendiri untuk tidak mengulangi ide yang pernah dikeluarkan," terangnya.

Noah bekerjasama dengan beberapa penulis untuk menyelesaikan lirik lagu dalam album Keterkaitan Keterikatan. Misalnya lagu Kupeluk Hatimu, liriknya digarap bareng lima orang, yakni Ariel, David, Noe Letto, Marchella FP, dan Aan Mansyur.

"Mungkin bisa selesai sendiri, tapi kita bikin sesuatu yang enggak sama. Sentuhan dari musisi lain memberikan warna yang berbeda," ujarnya.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak