alexametrics

Bisakah Akupunktur Membantu Menghilangkan Sakit Punggung?

loading...
Bisakah Akupunktur Membantu Menghilangkan Sakit Punggung?
Akupunktur merupaan terapi China yang memasukkan jarum ke dalam tubuh dan memabantu meningkatkan kesehatan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Nyeri punggung dapat memengaruhi orang-orang dari kelompok umur apapun karena berbagai alasan. Jadwal sibuk, postur tubuh yang buruk, duduk berjam-jam di tempat yang sama dan gerakan fisik minimum menjadi beberapa penyebab umum sakit punggung.

Hampir 80 persen populasi orang dewasa menderita masalah sakit punggung pada suatu saat dalam hidup mereka. Rasa sakit dapat berkisar dari ringan, kusam hingga berat. Hal yang paling menjengkelkan tentang sakit punggung adalah dapat membatasi mobilitas dan juga dapat menyebabkan masalah di malam hari.

Kebanyakan orang menggunakan obat bebas untuk mendapatkan bantuan dari punggung yang membandel, tetapi bahkan ada alternatif lain seperti akupunktur untuk mendapatkan bantuan dari sakit punggung.



Akupunktur adalah terapi China, di mana jarum tipis dimasukkan ke bagian tubuh yang berbeda. Sesuai pengobatan China, tubuh memiliki lebih dari 2.000 titik tekanan yang dihubungkan oleh jalur yang menciptakan aliran energi di seluruh tubuh. Dengan merangsang titik-titik ini, aliran energi seimbang yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bagaimana akupunktur membantu sakit punggung? Seperti dilansir Times of India, untuk memberikan bantuan dari sakit punggung, sistem saraf pusat tubuh dirangsang. Ini memicu pelepasan beberapa bahan kimia tertentu ke dalam otot, sumsum tulang belakang, dan otak. Zat kimia ini meningkatkan rasa kesejahteraan seseorang.

Akupunktur juga memicu pelepasan opioid alami di otak yang dapat mengurangi rasa sakit dan membantu tidur nyenyak. Titik nyeri tubuh bagian atas dan bawah berbeda. Beberapa titik akupuntur yang umum untuk nyeri punggung bawah adalah lutut, punggung bawah, perut, kaki, tangan, dan panggul.

Sementara, beberapa titik akupuntur yang umum untuk nyeri punggung bagian atas adalah kepala, leher, dan punggung atas.

Selain itu, ada hal-hal yang perlu diketahui tentang sakit punggung dan akupunktur. Seperti diletahui, akupunktur adalah terapi yang aman dan bisa sangat bermanfaat jika dilakukan oleh ahli akupunktur yang bersertifikat profesional.

Jika setelah menerima akupunktur Anda mengalami nyeri, memar, dan pendarahan ringan di lokasi tusukan, maka jangan panik. Masalah-masalah ini akan hilang dalam beberapa hari.

Jika Anda hamil, maka bicarakan dengan dokter sebelum mengambil terapi ini karena beberapa jenis akupunktur dapat merangsang nyeri persalinan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak