Resmikan NFH Expo, Angela Tanoesoedibjo Sebut 63% Masyarakat Pilih Berwisata Kuliner

Rabu, 07 Agustus 2024 - 18:24 WIB
loading...
Resmikan NFH Expo, Angela...
Angela Tanoesoedibjo resmi membuka kegiatan Nusantara Food and Hotel (NFH) Expo yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Rabu (7/8/2024). Foto/MPI/Wiwie Heriyani
A A A
TANGERANG - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan, kuliner merupakan salah satu subsektor penyumbang terbesar produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif Indonesia.

Seperti diketahui, menurut data Kemenparekraf RI, subsektor kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif yang sebesar Rp1.134,9 triliun pada 2020.

Hal tersebut diungkapkan Angela saat meresmikan pembukaan kegiatan Nusantara Food and Hotel (NFH) Expo di ICE BSD, Tangerang, Rabu (7/8/2024).



“Dan tentunya, kalau kita bicara kuliner, kuliner itu penting sekali dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Angela, yang juga merupakan Ketua Umum DPP Partai Perindo dalam sambutannya.

“Kenapa? Kalau kita bicara di ekonomi kreatif sendiri saja, kuliner itu penyumbang PDB terbesar untuk sektor ekraf,” lanjut Wamenparekraf.

Angela juga mengatakan, kuliner menjadi salah satu alasan orang-orang saat melakukan wisata. Menurutnya, dua sektor tersebut memiliki keterkaitan yang kuat.

Bahkan, menurut catatan Kemenparekraf, setidaknya 63 persen orang-orang memilih berwisata kuliner dibandingkan hanya sekadar berwisata.

Karena itu, Angela yang merupakan anggota Kabinet Indonesia Maju menyebut, kuliner memiliki peluang yang cukup besar untuk memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

“Nah, kalau untuk pariwisata, data internal kami, kemarin juga sempat disampaikan Pak Menteri, kalau kita bicara wisata kuliner itu sebenarnya alasan mengapa orang berwisata, mayoritas orang wisata kuliner,” tutur Angela.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)