alexametrics

3 Cara Mudah Menerapkan Kebiasaan Minum Air Putih

loading...
3 Cara Mudah Menerapkan Kebiasaan Minum Air Putih
Setiap hari, manusia membutuhkan 2 liter air atau 40 cc setiap kilo berat badan. Namun, tidak mudah melakukannya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Air putih tidak hanya bermanfaat melepaskan dahaga, juga baik untuk kesehatan. Baik mengatur suhu tubuh hingga peredam getaran di daerah mata dan punggung. Air juga dapat membantu meningkatkan proses pembakaran lemak, meningkatkan proses metabolisme, dan memberi rasa kenyang pada perut tanpa kalori.

Setiap hari, sedikitnya manusia membutuhkan 2 liter air atau 40 cc setiap kilo berat badan. Jika, air tidak dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka akan berdampak terhadap gangguan kesehatan. "Apabila air tidak cukup, maka reaksi kimia di dalam tubuh akan terganggu," kata praktisi gizi, Rita Ramayulis DCN MKes.

Air juga penting untuk membantu kinerja organ pencernaan, seperti usus. Jika usus kekurangan air akan menjadi penyebab sembelit karena usus akan menyerap zat cairan dari pembuangan lainnya.



"Jika tubuh kekurangan air, juga akan dapat mengurangi fungsi organ seperti halnya usus. Selain itu, dapat merusak kesehatan kulit yang biasa ditandai dengan kulit mengering dan terlihat kusam," beber spesialis patologi anatomi, dr Delyuzar.

Namun faktanya, banyak orang yang masih sulit melakukan kebiasaan baik minum air putih. Sebagian orang berlasman air putih memiliki rasa yang tawar dan bahkan ada yang merasa air putih pahit. Sebagai gantinya, banyak orang justru lebih memilih mengkonsumsi minuman dengan perasa dan berwarna. Padahal, minuman tersebut dapat membuat kerja ginjal semakin berat. Misalnya saat muncul perasaan lapar, bisa jadi bukan karena membutuhkan makan tapi karena kurang asupan air putih.

Merry Widiastuti selaku Product Officer Tupperware Indonesia mengatakan setidaknya ada beberapa cara mudah agar terbiasa minum air putih. Berikut ulasannya.

1. Usai bangun tidur
Segera penuhi asupan cairan dengan minum air putih usai bangun tidur. Segelas air putih di pagi hari membantu tubuh untuk segera bangun dan beraktivitas. Selain itu, kehadiran air putih membantu tubuh mendorong keluar radikal bebas dan residu dari kalori yang terbakar untuk metabolisme tubuh semalam.

2. Sebelum dan sesudah makan
Minum air putih sebelum makan membantu seseorang merasa lebih kenyang. Itu artinya, jumlah makanan yang masuk ke tubuh lebih sedikit. Selain itu, dengan minum sebelum makan akan melembapkan lapisan lambung. Hal ini membantu mengurangi rasa tak nyaman saat makan. Sesudah makan, jangan lupa juga untuk kembali minum air putih. (Baca juga: 4 Paket Wajah untuk Kulit Berminyak yang Bisa Dibuat di Rumah).

3. Membawa botol minum sendiri
Siapa sangka dengan membawa botol minum sendiri dari rumah, secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran. Membawa botol air minum sendiri membuat hidup lebih fleksibel, saat dalam perjalanan tiba-tiba merasa haus sehingga tidak perlu repot mencari minimarket untuk membeli air minum. Dengan bekal yang selalu tersedia, otomatis akan mencegah tubuh dehidrasi.

Selain itu dengan membawa botol minum sendiri, telah mendukung gerakan mengurangi sampah botol minum sekali pakai. Jadi selain tubuh sehat, juga menjaga kelestarian lingkungan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Tuppeware menghadirkan Tupperware Eco Bottle 1L yang terbuat dari material baik dan BPA Free, sehingga aman digunakan berkali-kali.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak