alexametrics

Dunia Akui Raja Ampat Miliki Garis Pantai Terindah

loading...
Dunia Akui Raja Ampat Miliki Garis Pantai Terindah
Dunia Akui Raja Ampat Miliki Garis Pantai Terindah
A+ A-
NEW YORK - Pamor Raja Ampat di Papua makin bersinar di kancah pariwisata global. Keindahan pantainya sangat dikagumi dunia. Kabar terbaru, berdasarkan laporan CNN, Raja Ampat dinilai menjadi salah satu wilayah yang memiliki garis pantai terindah di dunia yang sangat langka.

Garis pantai merupakan salah satu fitur geografi yang indah, menarik, dan misterius. Pertemuan antara air dan daratan menciptakan beragam bentuk dan warna yang indah. Dan, keindahan garis pantai terlihat di sepanjang Raja Ampat.

“Terletak di timur jauh Indonesia, Raja Ampat atau ’Four Kings’ merupakan salah satu tempat scuba diving terkenal di dunia. Namun, Raja Ampat bukan sekadar tempat scuba diving. Terdiri dari lebih 1.500 pulau kecil, wilayah itu dilengkapi pasir putih, beragam jenis gua, dan berbagai jenis binatang,” ungkap CNN.



Berada jauh dari perkotaan, Raja Ampat sering disebut sebagai potongan surga dunia. Selain menjadi tempat beraneka ragam hewan, masyarakatnya juga dikenal ramah. Luas wilayah Raja Ampat disebut mencapai 9,8 juta hektare dan menjadi rumah dari 540 jenis batu karang, 1.000 jenis ikan, serta 700 jenis moluska.

Garis pantai lainnya yang masuk ke dalam daftar CNN ialah Cinque Terre, Italia. Cinque Terre disebut menjadi tempat inspiratif bagi para sastrawan untuk menciptakan sebuah karya pada masa lalu. Dilindungi dalam sistem taman nasional, wilayah tersebut juga masuk warisan budaya dunia versi UNESCO.

Keindahan serupa juga ditawarkan Turquoise Coast, Turki. Dikenal sebagai Lycia pada zaman kuno, garis pantai di wilayah pesisir yang panjang itu merupakan salah satu mutiara di Laut Mediterania. Setiap area menawarkan fenomena misterius. Semua teluknya juga berwarna kehijau-hijauan, terutama di Laguna Ölüdeniz.

Begitupun dengan Big Sur, Amerika Serikat (AS). Garis pantainya istimewa dan tidak mengecewakan para pengunjung karena terdapat kastil, perhotelan di ujung tebing, dan berang-berang. Keindahannya bahkan membantu para penulis seperti Hunter S Thompson, Jack Kerouac, dan Henry Miller menjadi terkenal.

Antrim Coast, Irlandia, pun demikian. Tempat syuting film serial Games of Thrones itu sudah dikenal di kalangan bangsa Eropa sejak zaman dulu. Giant Causeway yang tercipta akibat erupsi gunung berapi menjadi salah satu fenomena paling unik. Jumlahnya mencapai 40.000 kolom. Di sana juga terdapat kastil tua.

Terbentang dari Goa hingga ujung selatan India, Malabar Coast juga terkenal atas keanekaragaman hayatinya, baik darat maupun laut. Saat ini banyak para pelancong yang datang ke Malabar Coast untuk menyaksikan matahari terbenam, berlayar di atas kapal, dan menginap di hotel-hotel mewah di Goa dan Kerala.

“Di mana lagi kalian dapat melihat singa mengintai singa laut atau gajah berlari di pinggir pantai selain di Skeleton Coast, Namibia,” ungkap CNN. “Skeleton Coast merupakan wilayah terpencil. Di sana terdapat banyak serpihan kapal, bukit pasir, dan tempat pemancingan. Wilayah itu juga bagus untuk surfing dan diving.”

Garis pantai lainnya yang masuk CNN ialah Garden Route (Afrika Selatan), Great Ocean Road (Australia), Na Pali Coast (Hawaii), Andaman Coast (Thailand, Malaysia, dan Myanmar), Beagle Channel (Cile dan Argentina), Riviera Maya (Meksiko), Dalmatian Coast (Kroasia), Kenai Fjords (Alaska), dan Costa Verde (Brasil).

Garden Route disebut memiliki jenis tumbuhan unik yang menyelimuti seluruh bukit. Meski memiliki banyak hotel mewah, salah satu daya tarik terbesar dari Garden Route ialah petualangan di alam terbuka, bertemu hewan laut, hiking menuju Otter Trail, dan ikut bungee jump tertinggi di dunia (220 meter).
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak