alexametrics

Lima Destinasi Liburan Keluarga yang Seru di Banjarmasin

loading...
Lima Destinasi Liburan Keluarga yang Seru di Banjarmasin
Menara Pandang Banjarmasin bisa menjadi salah satu tujuan wisata bersama keluarga Anda. / Foto: Disbudpar Banjarmasin
A+ A-
JAKARTA - Pesona Kota Banjarmasin yang banyak memiliki anak sungai rupanya menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur bersama keluarga.

Apabila Anda berencana untuk berwisata ke kota berjuluk Kota Seribu Sungai itu bersama keluarga dan membawa serta anak-anak, berikut beberapa lokasi yang jangan sampai terlewatkan.

1. Museum Wasaka
Di Jalan Kampung Kenanga, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara terdapat sebuah objek wisata edukasi yang menyimpan beragam peninggalan sejarah yang bernama Museum Wasaka. Nama wasaka pada dasarnya merupakan singkatan dari waja sampai ka puting yang berarti perjuangan tidak berhenti sampai titik darah penghabisan.



Di lokasi wisata ini, pengunjung dapat menyaksikan koleksi senjata tradisional dan modern yang dahulu digunakan masyarakat suku Banjar untuk berperang melawan penjajah. Selain itu, ada juga benda-benda peninggalan lain, seperti kamera, radio, dan mesin ketik, yang dahulu digunakan sebagai piranti penunjang dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

2. Menara Pandang Banjarmasin
Menikmati panorama lanskap Kota Banjarmasin dari ketinggian bersama keluarga tentu sangat menyenangkan. Terlebih jika kegiatan tersebut bisa dilakukan tanpa harus berpanas-panasan atau mendaki terjalnya perbukitan. Untuk itu, Anda bisa datang ke Menara Pandang Banjarmasin.

Menara pandang ini berlokasi di tepi Sungai Martapura, tepatnya di Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Di sana, pengunjung dapat naik ke atas menara dengan menggunakan lift yang tersedia. Meskipun berada di area terbuka, bagian atas menara ini sudah dilengkapi dengan pagar pembatas sehingga aman untuk anak-anak. Dengan demikian, seluruh pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan sekitar sambil merasakan sejuknya angin yang berembus di atas menara.

3. Rumah Anno
Jika Anda ingin menyaksikan rumah adat khas Banjarmasin, datanglah ke Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional) Banjarmasin. Lokasinya berada di Jalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Di sana, terdapat sebuah rumah tradisional yang biasa disebut Rumah Anno.

Bangunan berlantai dua dengan arsitektur unik yang masih masih berdiri kukuh tersebut sudah dibangun sejak 1925. Kini, bangunan tersebut dimanfaatkan sebagai lokasi pameran produk-produk kerajinan UMKM setempat. Jadi, saat berkunjung ke sana, Anda dan keluarga tidak hanya bisa mengenal rumah adat Banjarmasin, tetapi juga bisa sekaligus berbelanja beragam produk kerajinan tangan.

4. Waterboom Pesona Modern
Waterboom Pesona Modern yang terletak di Jalan A. Yani Km 11, Pasar Kemis, Kecamatan Kertak Hanyar, merupakan wahana wisata taman air yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Di taman air ini terdapat beberapa kolam renang berbagai ukuran, serta beberapa seluncuran dengan tinggi maksimal 15 meter.

Taman air ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti loker, kamar mandi bilas, musala, gazebo, kafe, restoran, dan toko suvenir. Jadi, jika datang bersama keluarga, Anda tidak hanya bisa seru-seruan meluncur dari ketinggian ke kolam renang, tetapi juga bersantai sambil berwisata kuliner.

5. Taman Edukasi Lalu Lintas Banua
Pelajaran tentang tertib berlalu lintas memang perlu diajarkan sejak usia dini. Untuk itu, Anda dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Taman Edukasi Lalu Lintas Banua yang berada di Kelurahan Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Di sana, anak-anak bisa belajar mengenal berbagai rambu-rambu lalu lintas. Selain itu, mereka juga bisa berkeliling taman menggunakan kereta.

Taman lalu lintas ini didesain dengan tampilan yang atraktif dengan cat berwarna-warni sehingga mampu memberikan kesan gembira. Di lokasi tersebut, terdapat beberapa gazebo dan tempat duduk, serta pepohonan yangmenjadikan suasananya tampak lebih rindang.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga di Banjarmasin yang dapat Anda kunjungi bersama anak-anak. Apabila ingin mencari hotel murah yang nyaman untuk keluarga, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi Airy Rooms.

Di dalam Airy, kamar hotel di Banjarmasin yang Anda pesan, dipastikan menyediakan Wi-Fi gratis, air mineral gratis, AC, perlengkapan mandi, TV layar datar, kamar mandi air panas, serta tempat tidur bersih. Jadi, Anda dan keluarga bisa beristirahat dengan nyaman dan aman.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak