alexametrics

Restoran yang Menyediakan Menu Makanan Autentik Khas Indonesia

loading...
Restoran yang Menyediakan Menu Makanan Autentik Khas Indonesia
Banyak restoran yang menawarkan kuliner Indonesia. Ada yang menyajikan menu kuliner yang dimasak dengan cara autentik sehingga memiliki nilai lebih dari rasa. (Zomato)
A+ A-
JAKARTA - Indonesia tak hanya terkenal dengan alamnya yang indah tapi juga kulinernya yang beragam dan menggugah selera. Ragam kuliner ini dapat ditemui disetiap daerah di Indonesia dengan ciri khas masing-masing. Cita rasa yang dihadirkan juga terbilang kuat dengan hampir seluruh masakan Indonesia kaya bumbu yang berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan.

Bahan-bahan tersebut tentunya menjadi kunci kelezatan dari setiap masakan Indonesia. Sementara, bentuk penyajian umum sebagian besar makanan Indonesia terdiri atas makanan pokok dengan lauk-pauk berupa daging, ikan atau sayur di sisi piring. Saat ini, banyak restoran yang menawarkan kuliner Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan tujuan mendorong regenerasi pelestarian kuliner Indonesia. Beberapa diantaranya menyajikan kuliner Indonesia dimasak dengan cara autentik sehingga memiliki nilai lebih dari segi rasa.

Tak heran, semua kelezatan asli ini terus dicari dan disukai karena cita rasanya yang kaya, unik dan sangat Indonesia. Di antara serbuan kuliner asing atau yang serba instan, ternyata para pecinta kuliner, terutama generasi muda, masih mencari sesuatu yang autentik karena memahami bahwa cita rasa tinggi dari sebuah masakan memerlukan usaha yang lebih. Lantas restoran mana saja yang menghidangkan ragam kelezatan kuliner Indonesia? Berikut ulasannya yang dirangkum dari Zomato.



1. Restoran Senyum Indonesia

Terletak di Jalan Teluk Betung No 45, Thamrin, Jakarta, Restoran Senyum Indonesia menghadirkan hidangan sejuta rempah dalam balutan nuansa etnik nusantara. Makanan yang ditawarkan berasal dari setiap daerah di Indonesia seperti rujak serut dari Jawa, rujak cingur dari Surabaya Jawa Timur, asinan betawi senyum dari Jakarta, soto betawi dari Jakarta, soto lamongan dari Lamongan Jawa Timur, soto mie betawi dari Jakarta, tongseng kambing dari Jawa Tengah, taoge goreng bogor dari Bogor Jawa Barat, nasi padang dari Padang Sumatera Barat hingga ikan cakalang rabe dari Sulawesi Utara dan ikan hamil dari Bali.

Selain menawarkan makanan yang lezat, Restoran Senyum Indonesia juga menghadirkan tempat yang sangat nyaman dan pelayanan yang ramah. Suasana tradisional yang tenang dan dihiasi dengan alat musik Indonesia serta barang-barang tradisional lainnya, membuat pengalaman bersantap tidak terlupakan.

2. Harum Manis

Harum Manis merupakan restoran Indonesia dengan cita rasa autentik dengan konsep semi fine dining yang menghadirkan nuansa Jawa tradisional. Hal ini terlihat dari interior bergaya Indonesia seperti lantai yang digunakan bermotifkan bunga kawung, yang melambangkan keharmonisan dan keseimbangan, ukiran daun pakis dan pohon beringin. Sementara, makanan yang ditawarkan seperti es campur, es cincau, es cendol, wedang jahe, wedang rode, teh panas, jamu gendong, lychee lemongrass tea, aneka jus, bir pletok dingin, colenak, tumis kecipir cindelaras, tumis pucuk pakis, sayur pepaya muda ebi kering, sayur asem panineungan, oseng tempe tahu jamur, nasi kuning, nasi uduk hingga ayam bakar bangsawan serta sate.

Terletak di Apartemen Pavilion, Jalan. KH. Mas Mansyur, Sudirman, Jakarta, Harum Manis menyediakan ruang makan yang luas dan nyaman yang cocok untuk makan siang atau malam biasa dan acara grup dalam jumlah besar.

3. Kaum Jakarta

Restoran bergaya kolonial dengan sentuhan budaya asli Indonesia ini telah mendapat ulasan positif dari banyak pecinta kuliner. Terletak di Jalan Dr. Kusuma Atmaja No. 77-79, Thamrin, Jakarta, Kaum Jakarta menyajikan ragam kuliner Indonesia mulai dari semur jengkol, nasi uduk betawi semur jengkol, sate ayam tipat, sayur godog betawi, bubur ayam, kue pukis, es selendang mayang, jamu gendong komplit, es daun sinom, tahu gejrot, panda, tahu telur, batagor sambal kacang, lumpia basah bandung, ayam sit-sit sambal matah, aneka pempek, gohu ikan tuna, ayam kampung berantakan, sate sapi wagyu maranggi, udang bakar madu, ayam bakar taliwang, kalio sapi hingga gurame bumbu kencur.

Hal menarik lainnya dari restoran ini adalah interior dan estetika yang unik yang dibuat oleh beberapa pengrajin terbaik dari seluruh Indonesia, termasuk panel beton besar yang telah dicap dengan motif Dayak yang dibuat oleh pengrajin lokal. Selain itu, piring keramik, mangkuk dan perlengkapan minum yang digunakan juga dipesan dan dibuat dengan gaya keramik berbasis di Bali. Kaum Jakarta juga secara teratur menyelenggarakan program dan pameran budaya.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak