15 Ciri-ciri Penyakit Diabetes pada Wanita, Termasuk Ketiak Hitam

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 09:00 WIB
loading...
15 Ciri-ciri Penyakit...
Ciri-ciri diabetes pada wanita dapat memengaruhi kualitas hidup. Penting untuk mewaspadai gejala-gejala tersebut dan segera melakukan pemeriksaan medis. Foto/Healthify Me
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri diabetes pada wanita dapat memengaruhi kualitas hidup. Penting untuk mewaspadai gejala-gejala tersebut dan segera melakukan pemeriksaan medis jika ada tanda-tanda yang mencurigakan.

Diabetes adalah kondisi medis kronis yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur kadar gula darah. Meskipun gejala diabetes secara umum dapat terjadi pada siapa saja, ada beberapa tanda dan ciri khusus yang mungkin lebih sering muncul pada wanita.

Mengenali ciri-ciri diabetes sejak dini sangat penting agar penanganan dapat dilakukan sebelum terjadi komplikasi serius. Mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang dan olahraga teratur, sangat penting bagi wanita untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Berikut adalah ciri-ciri penyakit diabetes pada wanita dilansir dari Health Line, Sabtu (10/8/2024).

15 Ciri-ciri Penyakit Diabetes pada Wanita





1. Sering Buang Air Kecil (Poliuria)


Salah satu gejala umum diabetes adalah sering buang air kecil, terutama di malam hari. Ini terjadi karena ginjal berusaha membuang kelebihan gula dari darah melalui urine.

2. Rasa Haus yang Berlebihan (Polidipsia)


Karena sering buang air kecil, tubuh kehilangan banyak cairan, yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan. Wanita dengan diabetes mungkin merasa sangat haus meskipun sudah minum banyak air.

3. Penurunan Berat Badan yang Tidak Dijelaskan


Meskipun makan dengan normal atau bahkan lebih banyak, wanita dengan diabetes mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan efektif sebagai sumber energi, sehingga mulai memecah lemak dan otot untuk energi.

4. Kelelahan yang Ekstrem


Tingginya kadar gula darah membuat tubuh kesulitan untuk menggunakan glukosa sebagai energi, sehingga menyebabkan kelelahan yang ekstrem. Wanita dengan diabetes mungkin merasa sangat lelah meskipun cukup istirahat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)