alexametrics

Laporan Sindonews.com dari D23 Expo, Anaheim

Akuisisi Fox Bikin Amunisi Disney Semakin Komplit

loading...
Akuisisi Fox Bikin Amunisi Disney Semakin Komplit
Akuisisi Fox oleh Disney benar-benar membuat gudang properti studio Mickey Mouse itu semakin gemuk. Banyak properti laris Fox yang kini pindah ke Disney. (AVClub)
A+ A-
Selain The Simpsons dan National Geographic, akuisisi terhadap 21st Century Fox senilai USD71,3 miliar itu menambah lengkap amunisi Disney di pasar hiburan. Ragam properti Fox seperti Avatar (2009), The Shape of Water (2014), hingga Deadpool (2016) kini bergabung dengan Marvel atau karakter Disney di antaranya Mickey Mouse, Minnie Mouse, Donald Duck, Elsa dan Anna dari Frozen, Woody (Toy Story), Belle dari Beauty and The Beast, Rapunzel, Merida, Cinderella, Putri Yasmin dari Aladdin dan banyak lagi.

Disney kini memiliki setiap film dan acara televisi yang pernah, sedang, dan bakal diproduksi Fox. Sejumlah studio film di antaranya 20th Century Fox dan Fox Searchlight, jaringan televisi seperti FX serta National Geographic Channel, dan 60% saham di situs Hulu.

Dan, salah satu yang membuat fans antusias adalah kembalinya X-Men dan Fantastic Four ke pelukan Marvel. Dulu, pada 1990-an dan belum menjadi milik Disney, Marvel mengalami masalah ekonomi. Kebangkrutan pun di depan mata mereka. Tak ada pilihan selain melego hak memfilmkan beberapa karakter andalannya. Fantastic Four dan X-Men dijual ke 20th Century Fox sementara Spider-Man dilepas ke Sony Pictures. Namun, pada 2015, Sony mencapai kesepakatan Spider-Man menjadi bagian Marvel Cinematic Universe (MCU). Meski beberapa hari jelang D23 Expo kabar kurang mengenakan menerpa. Disney harus melepas Spider-Man kembali ke Sony Pictures.



Dengan diakuisisinya Fox, Disney mempunyai hak untuk melempar sejumlah film Marvel ke pasar, di antaranya X-Men, dan Fantastic Four. Artinya, dua kelompok superhero dapat bergabung ke dalam Marvel Cinematic Universe. Di sana berkumpul para pahlawan di Bumi, Avengers yakni Iron Man, Ant-Man, Spider-Man, Dr Strange, Thor, Captain Marvel, Black Panther, Black Widow, serta karakter Guardians of the Galaxy, dan lainnya. Selain itu, ada juga si jagoan nakal Deadpool, yang turut boyongan ke Marvel Cinematic Universe.

Namun, kapan kita bisa melihat X-Men dan Fantastic Four berjuang menjaga Bumi dengan para Avengers belum diketahui. Hanya saja, dua film X-Men: Dark Phoenix (Juni 2019) dan New Mutants (Agustus 2019) masih tayang di bawah bendera 20th Century Fox.

Sebagai catatan, tidak semua aset Fox menjadi milik Disney. Salah satunya adalah Fox Corp yang merupakan tayangan berita dan olahraga, dengan jaringan Fox Sports, Fox News, dan Fox TV.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak