alexametrics

Akupresur Bisa Meningkatkan Gejala Nyeri Kronis di Punggung Bawah

loading...
Akupresur Bisa Meningkatkan Gejala Nyeri Kronis di Punggung Bawah
Orang yang melakukan akupresur stimulasi mengalami peningkatan rasa sakit dan kelelahan dan yang melakukan akupresur relaksasi merasakan rasa nyeri membaik. (Acupuncture and Massage College)
A+ A-
JAKARTA - Para peneliti telah menemukan akupresur dapat meningkatkan gejala nyeri kronis di punggung bagian bawah. Akupresur merupakan teknik pengobatan tradisional China yang sering digunakan orang untuk mengobati sakit di persendian.

"Dalam banyak kasus, akupresur disarankan untuk nyeri ringan di tubuh yang meliputi nyeri punggung bagian bawah juga karena berhubungan dengan memberikan tekanan pada tubuh yang meliputi pijatan, peregangan dan teknik lain yang menghasilkan relaksasi," kata Sumit Bhushan Sharma, Associate Director, Departemen Ortopedi dan Penggantian Sendi di Rumah Sakit Jaypee di Noida.

Dilansir dari Times Now News, dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pain Medicine, tim peneliti secara acak menugaskan 67 peserta dengan nyeri punggung bawah kronis menjadi tiga kelompok yaitu relaksasi akupresur, stimulasi akupresur atau perawatan biasa.



"Akupresur mirip dengan akupunktur, tetapi alih-alih menggunakan jarum, tekanan diterapkan dengan jari, ibu jari, atau perangkat ke titik-titik tertentu pada tubuh," papar pemimpin penelitian Susan Murphy, Associate Professor di Michigan University.

"Relaksasi akupresur dianggap efektif dalam mengurangi insomnia sementara merangsang akupresur dianggap efektif dalam pengurangan kelelahan," tambah Murphy.

Sementara akupresur telah dipelajari sebelumnya dan terbukti bermanfaat pada pasien kanker atau nyeri osteoartritis. Beberapa studi juga telah meneliti akupresur pada orang dengan sakit punggung.

Untuk penelitian ini, peserta dalam kelompok akupresur dilatih untuk memberikan akupresur pada titik-titik tubuh tertentu dan menghabiskan antara 27—30 menit setiap hari, selama enam minggu, melakukan teknik ini. Peserta dalam kelompok perawatan biasa diminta untuk melanjutkan perawatan apa pun yang saat ini mereka terima dari penyedia perawatan mereka untuk mengatasi sakit punggung dan kelelahan.

Dibandingkan dengan kelompok perawatan biasa, penelitian ini menemukan, orang yang melakukan akupresur stimulasi mengalami peningkatan rasa sakit dan kelelahan dan mereka yang melakukan akupresur relaksasi merasakan nyeri membaik setelah enam minggu.

Nyeri kronis sulit untuk ditangani dan orang-orang dengan kondisi tersebut cenderung memiliki gejala tambahan seperti kelelahan, gangguan tidur dan depresi. Studi ini menyoroti manfaat dari opsi perawatan non-farmakologis yang dapat dilakukan pasien sendiri dengan mudah dan melihat hasil positif.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak