Cerita Sukses Pemuda 21 Tahun Membangun Bisnis, Berawal dari Usaha Rental Mobil

Rabu, 14 Agustus 2024 - 19:19 WIB
loading...
Cerita Sukses Pemuda...
Muhammad Qolbu Almarifah, seorang pengusaha muda yang sukses di usia yang masih sangat muda. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Di Indonesia ada banyak pengusaha sukses yang berhasil menjalankan bisnis di usianya yang masih muda. Usaha, kerja keras, pantang menyerah, keuletan, serta tekad yang kuat menjadi faktor yang membuat para pengusaha muda itu mampu mencapai kesuksesan.

Ini juga yang dijalani oleh Muhammad Qolbu Almarifah, seorang pengusaha muda yang sukses di usia yang masih sangat muda. Lahir pada 14 Januari 2003, pengusaha satu ini telah melalui berbagai proses untuk meraih kesuksesan. Kini, bisnisnya di bidang usaha sewa atau rental mobil dan motor terus berkembang pesat.

“Pada tahun 2021, saat berusia 18 tahun, saya memulai usaha di bidang fashion. Dengan omzet kotor yang mencapai Rp150 juta per bulan, saya berhasil menabung selama beberapa bulan dari usaha tersebut untuk membeli satu unit mobil Calya tahun 2019 berwarna hitam," ungkap Muhammad Qolbu Almarifah.

"Motivasi utama saya membeli mobil saat itu adalah untuk kepentingan keluarga agar bisa pulang ke kampung halaman. Keluarga besar saya tidak memiliki mobil sama sekali. Jadi, selain untuk keperluan keluarga, saya juga menitipkan mobil tersebut kepada seorang driver online dengan harapan setiap bulan mobil ini bisa menghasilkan tambahan penghasilan," lanjut pemuda 21 tahun itu.

Sayang, setelah berjalan satu tahun, Muhammad Qolbu Almarifah mulai merasakan masalah dari keterlambatan pembayaran dan mobilitas unit yang sangat tinggi, sehingga kilometernya meningkat secara signifikan.

"Berdasarkan masalah tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk mengarahkan staf pribadi saya agar membuat sebuah akun Instagram untuk bisnis rental mobil dengan nama, logo, dan konten yang dipercayakan kepada staf saya. Dari sinilah cikal bakal
terbentuknya brand transgo.id yang bukan berasal dari saya, melainkan dari ide staf pribadi saya," tutur Qolbu.

Setelah berjalan sekitar 4 bulan, permintaan pasar untuk rental mobil di Jakarta sangat luar biasa, sehingga transgo.id berkembang dari 1 unit menjadi 10 unit dalam 4 bulan pertama.

"Selain itu, saya juga melakukan ekspansi ke bisnis sewa motor di Jakarta. Dimulai dengan 1 unit Yamaha R15 yang dalam 1 bulan pertama bertambah menjadi 7 unit. Saya juga mengembangkan sistem reseller dengan mengajak teman-teman terdekat untuk membuka akun Instagram rental dengan tujuan meningkatkan minat pasar terhadap transgo.id," katanya.

Usaha rental mobil menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Pada 28 Juni 2024, TransGo telah beroperasi selama kurang lebih 18 bulan dan memiliki 150 unit kendaraan yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan akan memperluas layanannya ke Bali pada tahun ini.

Bisnis Muhammad Qolbu Almarifah didukung juga dengan ekspansi menarik lain seperti sewa mobil dan motor listrik mulai dari Rp40.000 per 24 jam dengan unit usaha Rental Transgo.ev, menyediakan jasa driver untuk menemani pelanggan ke mana pun, serta TransGo.course untuk layanan kursus mobil di Jakarta.

“Saat ini Transgo telah berkembang pesat dengan memiliki 25 karyawan di bawah naugan PT Marifah Cipta Bangsa. Selain itu, kami juga memiliki garasi dan bengkel sendiri di bawah unit usaha Transgo.Garage. Program amal kami, Transgo.Peduli,
terus berjalan dengan baik, serta kami memiliki lebih dari 20 akun reseller yang aktif," sebut Qolbu.

"Kami juga memberikan kesempatan kepada lulusan dan siswa SMK untuk mengembangkan keterampilan mereka di bidang digital marketing," pungkasnya.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)